SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Community Shield 2015 ajang pertemuan juara Liga Premier vs Piala Liga, yakni Chelsea vs Arsenal akankah menjadi blunder Mou?

Solopos.com, LONDON— Apakah kiper Petr Cech bisa menjadi jimat bagi Manajer Arsenal, Arsene Wenger, meraih kemenangan pertamanya atas Manajer Chelsea, Jose Mourinho?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertanyaan itu mengusik kedua kubu menjelang bentrok Arsenal versus Chelsea pada Community Shield, di Stadion Wembley, London, Minggu (2/8/2015). Dalam 13 pertemuan sebelumnya di berbagai kompetisi, Wenger memang tak pernah meraih kemenangan di hadapan Mourinho. 

Namun, pertemuan ke-14 kedua pelatih berpengalaman Eropa tersebut akan berlangsung lebih spesial karena melibatkan sosok yang mengenal Mourinho, Cech. Kiper asal Rep. Cheska itu akan melakoni debut di laga kompetitif bersama Arsenal sejak meninggalkan markas Chelsea, Stamford Bridge, yang dihuninya selama lebih kurang 11 tahun.

Mourinho sebenarnya enggan melepas Cech. Namun, ia juga tak mampu memberikan jaminan untuk penampilan bagi Cech setelah Thibaut Courtois muncul dengan gemilang di bawah mistar The Blues sejak dipulangkan dari Atletico Madrid setahun lalu.

Keputusan Mourinho melepas kiper yang telah 300 laga lebih membela Chelsea itu mungkin bukan sesuatu yang mengejutkan di musim panas ini. Sebab, rumor keinginan kiper berusia 33 tahun itu untuk hengkang dari Stamford Bridge telah menggelinding sejak tahun lalu. Akan tetapi, keputusan Chelsea untuk menjualnya ke Arsenal, yang juga rival kuat mereka di Liga Premier, membuat sejumlah orang kaget.

Apalagi, Mourinho dan Wenger, selama ini dikenal sebagai rival yang sering berseteru. Kedua pelatih papan atas Liga Premier itu tak hanya berperang di lapangan. Mereka juga sering melakukan psywar, bahkan cenderung saling balas ejekan di media massa. Mourinho dan Wenger terlibat saling dorong ketika mendampingi tim masing-masing musim lalu.  Mourinho juga menjuluki Wenger sebagai “spesialis kegagalan” pada 2014.

“Saya dikejutkan dengan Mourinho karena dia benar-benar melakukan itu [melepas Cech ke Arsenal]. Dia seorang kompetitor dan biasanya tidak suka menjual pemain ke rivalnya, namun itu bagus buat kami dan sekarang kami harus memanfaatkan itu. Ini [transfer Cech] merupakan pembelian top. Itu mengapa kami beruntung bisa memilikinya,” ujar gelandang Arsenal, Mithieu Flamini, kepada Daily Telegraph, seperti dilansir metro.co.uk, Jumat (31/7/2015).

Keputusan Mou, sapaan akrab Mourinho, melepas Cech ke Arsenal bisa jadi akan menjadi blunder buat timnya di Community Shield maupun perburuhan gelar Liga Premier musim 2015/2016.  Cech telah menunjukkan kegarangannya ketika melakoni debut kandang bersama Arsenal ketika menekuk Wolfsburg 1-0 di turnamen pramusim Emirates Cup di Stadion Emirates, London, Minggu (26/7/2015). Cech mencetak clean sheet dan memberi ketenangan bagi barisan pertahanan pasukan Wenger.

Sementara Chelsea tidak banyak belanja pemain di bursa musim panas ini. Mourinho tampaknya puas dengan skuat yang ada ketika memenangi Liga Premier musim lalu. “Ini skuat fantastis dengan para pemain baus, kiper fantastis, mereka lebih dari siap untuk mempertahankan gelar,” jelas Mou, seperti dilansir Reuters.

Chelsea, yang pernah memukul Arsenal 2-1 di Community Shield 2005, masih menunggu kondisi terakhir striker Diego Costa dan bek sentral Gary Cahill. Keduanya mengalami cedera ketika membela Chelsea menahan Barcelona 2-2 (4-2) dalam laga pramusim di Amerika Serikat, Rabu (29/7/2015) pagi WIB.

Adapun Arsenal tengah on fire setelah menyapu empat laga pramusim dengan kemenangan. Mesut Ozil dkk. mengemas 14 gol dan hanya sekali kebobolan untuk menjuarai dua turnamen pramusim, Asia Trophy dan Emirates Cup. “Kami tahu kami akan lebih baik dan berusaha keras untuk lebih baik. Jangan lupa, Chelsea juara Liga Premier dengan jarak keunggulan yang lebar tahun lalu,” urai Wenger. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Jose Mourinho  (Chelsea)             Vs           Arsene Wenger (Arsenal)
13           Laga       13
7              Menang               0
6              Imbang 6
0              Kalah     7
21           Gol         6
 
12/12/2004         Liga Premier       2-2
20/04/2005         Liga Premier       0-0
07/08/2005         Community Shield           2-1
21/08/2005         Liga Premier       1-0
18/12/2005         Liga Premier       2-0
10/12/2006         Liga Premier       1-1
25/02/2007         Piala Liga              2-1
06/05/2007         Liga Premier       1-1
29/10/2013         Piala Liga              2-0
23/12/2013         Liga Premier       0-0
22/03/2014         Liga Premier       6-0
05/10/2014         Liga Premier       2-0
26/04/2015         Liga Premier       0-0
 
Sumber: telegraph.co.uk. (hkt/JIBI)

Arsene Wenger dan Jose Mourinho kerap kali berseteru saat bertemu di lapangan. Ist/mirror.co.uk

Arsene Wenger dan Jose Mourinho kerap kali berseteru saat bertemu di lapangan. Ist/mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya