Colomadu Karanganyar Urunan Bansos Ratusan Paket Sembako
Camat Colomadu, Eko Budi Hartoyo, memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang membutuhkkan di Kecamatan Colomadu Jumat (26/6/2020). Bantuan yang disalurkan berasal dari hasil swadaya perangkat kecamatan dan donasi warga. (Istimewa/ Kecamatan Colomadu)

Solopos.com, KARANGANYAR - Pemerintah Kecamatan Colomadu berswadaya untuk menyediakan bantuan paket sembako bagi ratusan keluarga yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat Jumat (26/6/2020). Bantuan tersebut dibagikan secara door to door melalui bantuan dari pemerintah desa masing-masing.

Penataan Anggaran 2020, Pemkab Karanganyar Desak Kemendagri Terbitkan Surat

Hal tersebut diutarakan oleh Camat Colomadu, Eko Budi Hartoyo, ketika berbincang dengan Solopos.com Jumat siang. Dia mengatakan jika inisiatif pemberian paket sembako secara swadaya tercetus sejak empat bulan terakhir. Pada bulan tersebut, Pemerintah Kecamatan Colomadu mulai menabung dari donasi secara ikhlas yang dilakukan oleh perangkat kecamatan dan bantuan donatur dari warga umum.

“Kami nabung sedikit-sedikit. Sudah empat bulan ini. Akhirnya ketika sudah terkumpul cukup, kami wujudkan jadi paket sembako dan pada Jumat kan ada program Jumat Barokah di Kecamatan Colomadu. Kami bagikan pada jumat dibantu oleh pemerintah desa dan langsung kami antar ke sasaran penyaluran bantuan,” ucap dia.

Menurut Eko, dari hasil donasi diwujudkan sebanyak 250 paket sembako. Paket sembako tersebut disalurkan kepada warga yang luput terdata oleh bantuan yang diprogramkan pemerintah pusat.

Sensus Penduduk, BPS Karanganyar Rekrut Warga Setempat yang Bakal Digaji Rp100.000/Hari

“Sebelumnya kami minta data dulu kepada masing-masing desa mana saja yang belum atau luput pendataan. Nah, kami sasar itu. Kalaupun sudah dapat semua, kami sasar yang ekonominya benar-benar tidak mampu. Intinya kami sasarannya warga yang non penerima BLT, BST, dan PKH,” imbuh dia.

Diharapkan, dengan adanya bantuan tersebut, warga yang ekonominya terdampak wabah Covid-19 dapat terbantu. Sehingga, tidak ditemukan warga Colomadu yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka.

Pemerintah Genjot Pengembangan Destinasi Wisata Borobudur dan Karimun Jawa

“Setidaknya paket yang kami berikan dapat meringankan satu atau dua hari kebutuhan mereka. Karena memang tidak dipungkiri di kondisi saat ini banyak yang ekonominya terdampak dan daya beli yang berkurang,” papar dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho