SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Internet

[SPFM], Coldplay adalah grup band asal Inggris yang beranggotakan Chris Martin (vokal, gitar, piano), Guy Berryman (bass), Jonny Buckland (lead guitar) dan Will Champion (drums). Band ini dibentuk pada tahun 1998 di London, Inggris. Single mereka ‘Yellow’ membuat nama band ini mendunia di tahun 2000. Sukses itu diikuti oleh kesuksesan album perdana mereka PARACHUTES yang meraih Best Alternative Music Album pada Grammy Awards tahun 2002.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Coldplay, memang dikenal sebagai band langganan Grammy. Sederet pretasi telah mereka cetak. Lepas dari album pertama yang sukses besar, pada Agustus 2002, Coldplay mengeluarkan album kedua mereka, A RUSH OF BLOOD TO THE HEAD. Album ini sukses besar dengan mengandalkan In My Place, The Scientist, dan Clocks. Selain memenangkan 2 kategori dalam Grammy Awards tahun 2003 yaitu Best Alternative Music Album dan Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal, Coldplay juga meraih Record of the Year untuk “Clocks” pada Grammy Awards tahun 2004.

Album ketiga mereka, X&Y, diluncurkan tanggal 6 juni 2005. Album ini berhasil mencetak total penjualan 8,3 juta di seluruh dunia dan menjadi best-selling album of 2005. Hit-hit dalam album ini antara lain Speed of Sound, Fix You dan Talk.  Pada Februari 2006, Coldplay kembali meraih penghargaan untuk Best Album and Best Single pada BRIT Awards.

2012, ‘Paradise’ puncaki tangga lagu

Awal tahun 2012 ini menorehkan catatan manis bagi Coldplay. Lagu mereka berhasil menembus posisi puncak dalam tangga lagu Inggris, mengalahkan beberapa musisi Inggris lain yang juga memiliki prestasi yang patut diperhitungkan. Coldplay berhasil meraih posisi teratas untuk kategori lagu pop terbaik, dengan lagu Paradise-nya. Prestasi ini bukan pertama kalinya. Tahun 2008, band ini juga sempat meraih puncak dengan single Viva La Vida yang sempat booming saat itu.

Kesuksesan Coldplay ini membuat nama mereka ini menjadi jaminan show yang memuaskan. Tak heran seorang pangeran rela mengeluarkan biaya 13,9 miliar rupiah untuk sekali tampil di Abu Dhabi pada malam tahun baru.

Band Dermawan

Coldplay juga dikenal sebagai band yang peduli pada permasalahan sosial dan politik. Band ini juga tampil dalam berbagai acara kemanusiaan seperti Band Aid 20, Live 8 dan the Teenage Cancer Trust.

Bahkan pada Desember 2011 lalu, band ini sempat melakukan konser amal di London demi membantu anak-anak yang kurang mampu. Selain itu, Coldplay juga telah membangun sebuah yayasan bernama J Van Mars Foundation, yang telah menyumbangkan lebih dari 17 miliar rupiah. Band asal Inggris ini pun tercatat dalam Laporan yang dibukukan oleh bank Coutts, Inggris. Tidak hanya itu, bank itu juga merinci nama mereka satu persatu untuk menunjukkan penghormatan atas jasa mereka terhadap masyarakat yang membutuhkan. [berbagai sumber/dtp]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya