SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sirup obat, pil, atau permen pelega tenggorokan biasanya dikonsumsi untuk meredakan batuk. Namun, terkadang obat tersebut kurang ampuh untuk meredakan batuk. Dibanding obat, sebenarnya cokelat lebih bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk.

Hasil penelitian terbaru mengungkap, cokelat merupakan bahan terbaik untuk meredakan batuk dibandingkan sirup obat. Profesor Alyn Morice dari University of Hull, Inggris, menerangkan, obat yang mengandung kokoa memiliki efek yang lebih baik dibandingkan sirup obat batuk mint.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Hasil penelitian itu dilakukan berdasarkan percobaan yang dilakukan terhadap sekitar 163 orang. Dari penelitian tersebut terungkap jika obat yang mengandung cokelat mampu meredakan batuk dalam dua hari. Efek cokelat yang mampu meredakan batuk sebenarnya telah diplublikasikan lebih dulu oleh peneliti dari Imperial College, London, Inggris.

Peneliti percaya, kokoa memiliki sifat demulsen. Cokelat bertekstur lebih kental dibanding sirup obat batuk biasa. Jadi, cokelat dianggap lebih efektif meredakan batuk. “Efek demulsen ini menjelaskan mengapa madu, cokelat, serta lemon lebih efektif meredakan batuk. Cokelat juga lebih berkhasiat meredakan batuk,” kata Alyn Morice seperti dikutip dari Her, Kamis (17/1/2019).

Meski demikian, tidak semua cokelat mampu meredakan batuk. Menurut Alyn Morice, mengisap cokelat batangan lebih efektif melegakan tenggorokan ketimbang minum segelas cokelat panas. Namun, pastikan cokelat tersebut bebas dari kandungan gula yang justru memperparah batuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya