SOLOPOS.COM - Pekerja merawat tanaman di kebun ganja di utara Israel, 11 Juni 2012. Pengelola perkebunan itu mengolah ganja sebagai obat kanker. (JIBI/Reuters/Baz Ratner)

Pekerja merawat tanaman di kebun ganja di utara Israel, 11 Juni 2012. Pengelola perkebunan itu mengolah ganja sebagai obat kanker. (JIBI/Reuters/Baz Ratner)

Sejumlah kasus pencurian di Amsterdam menerbitkan sejumlah pertanyaan. Salah satunya, mengapa pencuri lebih sering mengincar lampu mobil Porsche dibanding bagian lain kendaraan itu?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, salah satu penjelasan fenomena itu yakni, pencuri mengincar lampu xenon berkarakter high intensity discharge (HID). Lalu untuk apa lampu itu? Sejumlah blogger menulis lampu xenon cocok untuk menumbuhkan tanaman di dalam ruangan. Panas yang dikeluarkan lampu itu cocok untuk menumbuhkan ganja yang banyak dibudidaya ilegal.

Guardian, 35, melaporkan lampu Porsche Cayenne dan Panamera milikinya telah dicuri beberapa waktu terakhir, demikian dikutip huffingtonpost.com, Senin (10/12/2012).

Selain soal kegunaan lampu xenon untuk fotosintesis, penerangan Porche langganan dicuri karena mudah dilepas. Bahkan sejumlah pemilik roda empat merek itu telah mengajukan keberatan soal keamanan lampunya.

Sebagai informasi tambahan, budidaya ganja di Amsterdam sebenarnya ilegal kecuali di tempat khusus yang diperbolehkan undang-undang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya