SOLOPOS.COM - Pabrik Coca-Cola Amatil Indonesia di Bekasi. (Bisnis-Dwi Prasetya)

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan minuman ringan global Coca-Cola Co. merilis botol yang berbahan 100% plastik daur ulang di Amerika Serikat. Langkah penggantian bahan botol itu menandai perubahan signifikan Coca-Cola dalam strategi keberlanjutannya.

Dilansir Bloomberg, Rabu (10/2/2021), perusahaan ini bertanggung jawab terhadap sampah plastik yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan lainnya, berdasarkan laporan Break Free From Plastic Campaign.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya, Coca-Cola pernah menganjurkan penggunaan botol yang berasal dari bahan tumbuhan, yang tidak menggunakan bahan bakar fosil. Mengenai strategi barunya, Coca-Cola menyampaikan hal ini menjadi langkah penting dalam mengurangi sampah plastik yang menyebabkan sumbatan saluran air di banyak negara.

Baca Juga: Peluang Bisnis Kuliner Ayam, Bebek, Angsa

Botol daur ulang milik perusahaan ini bakal menekan penggunaan bahan baku plastik baru atau virgin plastic lebih dari 20 persen di kawasan Amerika Utara dibandingkan dengan penggunaan pada 2018.

VP dan GM Sustainability Coca-Cola Alpa Sutaria mengatakan strategi ini menjadi penanda sebuah perubahan perusahaan dalam mengatasi sampah plastik. "Kenyataannya adalah bahwa bahan yang berasal dari tumbuhan, yang kemudian diolah menjadi plastik, tetap saja menjadi virgin plastic," jelasnya.

Kehendak Masyarakat

Menurut Alpa, masyarakat akan memilih tidak menggunakan botol tersebut, alih-alih memberi tahu produsen bahwa mereka menginginkan produk yang dapat digunakan kembali dan didaur ulang.

Adapun, Coca-Cola menyampaikan komitmennya pada 2025 100% produknya menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang dan menggunakan 50% bahan baku dari botol dan kaleng daur ulang pada 2030. Pada tahun berikutnya, Swedia mengumumkan menjadi pasar pertama di mana semua produknya dijual dalam botol plastik daur ulang.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya