Tutup Iklan

Cluster Hajatan Desa Bikin 35 Warga Blora Terpapar Covid-19

Cluster hajatan meledak di Kabupaten Blora, akibatnya sedikitnya 35 warga terpapar Covid-19 dan satu desa harus di-lockdown

 Desa di Kabupaten Blora di-lockdown. (Okezone)

SOLOPOS.COM - Desa di Kabupaten Blora di-lockdown. (Okezone)

Solopos.com, BLORA— Cluster hajatan meledak di Kabupaten Blora, akibatnya sedikitnya 35 warga terpapar Covid-19 dan satu desa harus di-lockdown. Mengutip Okezone, Rabu (9/6/2021), desa yang kena lockdown adalah Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

Satgas Covid-19 Kabupaten Blora sepakat desa tersebut di-lockdown agar mencegah meluasnya paparan Covid-19. "Penutupan menindaklanjuti adanya cluster baru di desa Balongsari. Bersama satgas Covid-19 Kecamatan kami lakukan penyeprotan disinfektan ke sejumlah rumah warga," kata Camat Banjarejo, Muhammad Zaenuri.

Dikatakan Zaenuri, sebelumnya ada 35 warga yang terkonfirmasi Covid-19, setelah dilakukan kontak tracing tahap pertama. "Sebanyak 50 warga yang diswab, 35 warga dinyatakan positf Swab-PCR. Ini sambil menunggu hasil swab tahap kedua sebanyak 41 orang," imbuhnya.

Baca Juga : BUMN di Blora Diminta Bantu Pemulihan UMKM

Menurutnya penyemprotan disinfektan ini sudah dilakukan sejak Minggu (6/6/201). Setelah tim satgas Covid-19 Kabupaten ke Balongsari, desa ini diminta lockdown sementara. "Untuk aktvitas warga sementara ditunda. Adanya cluster hajatan ini, kegiatan yang menimbulkan kerumunan masa ditunda, kecuali salat berjamaah, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat, dikutip liputan6.com, mengatakan dari hasil tracing di Puskesmas Banjarejo, Dinkes mendapati puluhan warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari jumlah yang dinyatakan terpapar, terdapat 2 orang di antaranya yang telah menjalani perawatan di rumah sakit. Dinkes melalui tenaga kesehatan yang tersebar di rumah sakit dan puskesmas se-16 kecamatan yang ada di Kabupaten Blora terus berjibaku menangani kasus Covid-19.

Baca Juga : Blora Punya 2 SMAN yang Lolos 1.000 Sekolah Terbaik

Kemunculan cluster hajatan jadi catatan menjadi catatan tersendiri bagi penanganan Covid-19 di Blora. Agar tidak semakin bertambah, pihaknya bersama TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya telah melakukan tindakan antisipasi di lapangan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Duh! Praktik Prostitusi Gay di Solo Ternyata Juga Layani Threesome

Praktik prostitusi gay di Solo ternyata tak hanya melayani nafsu bejat kaum homoseksual, tapi juga threesome pasangan suami istri (pasutri).

Tragis! Main Hujan-hujanan, Balita Semarang Hanyut di Saluran Air

Musibah dialami seorang bayi berusia tiga tahun atau balita di Kota Semarang yang hanyut terbawa arus di selokan setelah bermain air hujan atau hujan-hujanan.

Prostitusi Gay di Solo Sudah Ada Sejak 5 Tahun, Ini Lokasinya

Polisi menggerebek tempat praktik prostitusi sesama jenis atau gay di Solo yang berkedok tempat pijat dan sudah beroperasi selama lima tahun.

Polisi Selidiki Peran Komunitas LGBT dalam Prostitusi Gay di Solo

Aparat Polda Jateng mendalami peran komunitas homoseksual atau LGBT dalam keberadaan praktik prostitusi gay di Kota Solo yang baru saja dibongkar.

Prostitusi Gay Berkedok Pijat Plus di Solo Digerebek, Segini Tarifnya

Polda Jateng menggerebek tempat praktik prostitusi sesama jenis atau gay di Kota Solo yang membanderol tarif mulai dari Rp250.000.

Berkedok Tempat Pijat, Praktik Prostitusi Gay di Solo Terbongkar

Aparat Polda Jateng mengungkap praktik prostitusi berkedok tempat pijat di sebuah indekos di kawasan Banjarsari, Kota Solo.

Saiful Arifin, Wabup Sekaligus Bos PSG Pati

Nama Wakil Bupati Pati tiba-tiba mencuat karena kobtribusinya dalam sepak bola nasional dengan mengakuisisi klub sepakbola Jawa Timur, PSG Gresik dan mengubahnya menjadi PSG Pati.

Profil PSG Pati, Tim Kuda Hitam Saridin Diakuisisi Atta Halilintar

Klub sepak bola ini dikenal dengan julukan “Kuda Hitam Saridin”. Saridin  merupakan salah satu tokoh yang dihormati di Kabupaten Pati yang dikenal dengan kuda tunggangannya yang berwarna hitam.

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Kuliner Tegal kali ini membahas tentang Es Lontrong Slawi yang legendaris dan hanya bisa ditemukan di Tegal.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.

Merpati Jaguar di Pekalongan Laku Rp1,5 Miliar, Ini Istimewanya

Kisah unik kali ini tentang seekor merpati Jaguar yang laku terjual seharga Rp1,5 miliar.

Profil Wali Kota Tegal Dedy Supriyono, Pionir Lockdown di Jawa Tengah

Wali Kota Tegal yang baru menjabat sejak 2019 ini menjadi sorotan karena menjadi Kepala Daerah pertama di Jawa Tengah yang menerapkan Lockdown saat pandemi Covid-19 mulai merebak pada tahun 2020 lalu.

3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

3CM Center FKIP UKSW Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa.

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.