SOLOPOS.COM - Suasana saat pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022). Pada Sabtu (6/8/2022) malam nanti akan digelar penutupan atau closing ceremony APG 2022 di tempat yang sama dan dihadiri Presiden Jokowi. (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO — Masyarakat diimbau menggunakan sepeda motor saat hendak menonton acara closing ceremony ASEAN Para Games (APG) 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) malam. Akan ada rekayasa lalu lintas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Solo telah di sekitar stadion.

Acara closing ceremony APG 2022 akan digelar sekitar pukul 19.00 WIB. Ajang olahraga terbesar bagi penyandang disabilitas se-Asia Tenggara itu direncanakan ditutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Upacara penutupan ini bakal dimeriahkan artis papan atas seperti Bunga Citra Lestari dan Delon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, mengatakan pemerintah telah menyiapkan kantong-kantong parkir di sekitar stadion.

“Saya mengimbau masyarakat agar menggunakan sepeda motor. Tak perlu naik mobil karena bisa memenuhi lahan parkir,” kata dia, Sabtu.

Baca Juga: Live Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022 Dimeriahkan Ratusan Penari

Ari menyampaikan ruas Jl. Adi Sucipto bakal ditutup sejak sore hari. Kendaraan tamu undangan VVIP dan VIP diutamakan melewati ruas jalan tersebut. Begitu pula bus pengangkut atlet bisa ngedrop di depan stadion.

Sementara masyarakat umum bisa masuk lewat pintu di sisi utara. “Untuk stadion steril parkir kendaraan bermotor,” ujar dia.

Jumlah personel yang disiapkan untuk mengatur lalu lintas sekitar 70 orang. Sekitar 50 personel disebar di masing-masing ruas jalan yang ditutup. Sedangkan 20 personel disiagakan di kantong-kantong parkir kendaraan bermotor.

Baca Juga: Tok! Kontingen Atlet Indonesia untuk Asean Para Games 2022 Dibubarkan

Sebagai informasi, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menyatakan pengamanan superketat dilakukan saat acara closing ceremony APG 2022. Sebanyak 2.137 personel gabungan dari TNI-Polri dan instansi terkait di Pemkot Solo akan disiagakan di lokasi.

“Pola pengamanan dibagi tiga ring. Pertama, di dalam stadion. Kedua, area parkir stadion, dan ketiga di luar pagar stadion,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya