Tutup Iklan
Cleo Vitri, Inikah Penampilan Lucinta Luna Sebelum Ganti Kelamin?
Lucinta Luna. (Youtube)

Solopos.com, SOLO - Sejak ditangkap karena penyalahgunaan psikotropika, Lucinta Luna terus menjadi pusat perhatian. Perempuan yang dulu bernama lahir Muhammad Fatah itu kini berstatus sebagai tersangka.

Rumor soal jenis kelamin memang menjadi perhatian utama jika berbicara Lucinta Luna. Pada November 2019 silam, publik sempat dihebohkan dengan kemunculan video sosok yang disebut-sebut Lucinta Luna. Sosok itu adalah Cleo, salah satu peserta acara varietas, Be A Man.

Video itu semakin disoroti warganet setelah salah satu akun gosip di linimasa Instagram mengunggah kembali melalui akun @nenk_update pada Sabtu, 7 Desember 2019.

Lucinta Luna Dipastikan Transgender, Ini Fatwa MUI Soal Ganti Kelamin

Acara Be A Man

Be A Man menampilkan sejumlah kontestan waria yang dididik menjadi pria pada umumnya. Program itu ditayangkan sebelum ada aturan waria atau pria bergaya wanita dilarang tampil di tv.

Cleo Vitri, peserta Be A Man sesi 3. (Istimewa/Youtube)
Cleo Vitri, peserta Be A Man sesi 3. (Istimewa/Youtube)

Menariknya, acara itu berhasil mendidik 18 kontestan oleh TNI. Mereka diberi pelatihan dan tantangan seperti mendaki papan panjat tebing, meminum darah ular, dan lain-lain.

Sementara mengutip seorang pengguna Youtube melalui akun @RK W pada 23 April 2018, dalam video berdurasi 2 menit 51 detik itu dijelaskan personel Be A Man 3. Ada Sandy, Bella, dan Geisha yang menyatakan bahwa Lucinta Luna itu adalah Cleo dalam acara Be A Man yang telah tayang 11 tahun silam itu.

 

Cleo Vitri di video Youtube. (Istimewa)
Cleo Vitri di video Youtube. (Istimewa)

Perjalanan Transgender Lucinta Luna: Berperilaku Seperti Perempuan Sejak 5 Tahun

Selain dapat ditemui di video-video lawas Be A Man, Cleo juga muncul dengan banyak akun Youtube. Ada akun Cleo Vitry, ada pula Cleo 9916. Akun-akun itu mengunggah sosok bernama Cleo Vitry yang dituding sebagai Lucinta Luna.

Akun Cleo Vitry menjadi yang paling lawas mengunggah video. Akun ini bahkan mempunyai banyak video parodi termasuk video lip sync lagu Keong Racun yang sempat viral hampir satu dekade silam. Dalam video ditampilkan sosok waria yang disebutnya dengan istilah shemale.

Belum jelas apakah sosok tersebut benar-benar Lucinta Luna atau bukan. Sedangkan baik Lucinta Luna maupun perwakilannya selalu membantas soal kabar ganti kelamin.

Riwayat Ganti Kelamin

Polres Jakarta Barat melalui keterangan tertulis menjelaskan Lucinta Luna telah melakukan penggantian alat kelamin laki-laki menjadi perempuan.

Sejak usia lima tahun, artis kelahiran 16 Juni 1989 ini sudah berperilaku seperti perempuan hingga dewasa. Bahkan, dalam rilis tersebut disebutkan Lucinta Luna lebih nyaman menjadi seorang perempuan daripada laki-laki.

Polres Jakarta Barat membeberkan nama asli Lucinta Luna adalah Muhammad Fatah. Dia melakukan proses penggantian alat kelamin di Rumah Sakit Rajyindee, Thailand.

Dukcapil Konfirmasi Nama Lahir Lucinta Luna Muhammad Fatah

Berdasarkan keterangan dokter dari Rumah Sakit Rayjindee yang ditayangkan Detik.com, Lucinta Luna didiagnosis mengidap penyakit dysphoria, atau akrab dikenal dengan transgender.

Proses penggantian alat kelamin Lucinta Luna dilakukan pada 24 April 2016. Setelah operasinya berhasil, Lucinta Luna mengajukan permohonan perubahan jenis kelamin pada identitasnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 22 November 2019.

Pada 20 Desember 2019, pihak pengadilan mengabulkan permohonan tersebut. Perubahan tersebut juga diikuti dengan nama Muhammad Fatah yang diganti menjadi Ayluna Putri di Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho