SOLOPOS.COM - CJ Rantung (beritamanado.com)

CJ Rantung (beritamanado.com)

CJ Rantung (beritamanado.com)

MANADO – Mantan Gubernur Sulawesi Utara Cornelis John Rantung tutup usia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pak Rantung meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto karena sakit,” kata Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, saat menyampaikan pengumuman dalam rapat kordinasi dengan bupati dan wali kota di kantor gubernur di Manado, Rabu.

Menurut Sarundajang, sesuai keputusan keluarga di Jakarta mantan gubernur Rantung akan dimakamkan di TMP Kalibata, meskipun pemerintah provinsi bisa mengusahakan agar almarhum dimakamkan di Sulut. “Kami, masyarakat Sulut, merasa sangat kehilangan atas kepergian Pak Rantung. Ia adalah sosok pemimpin dan sesepuh masyarakat yang banyak jasanya kepada daerah ini,” kata Sarundajang.

Gubernur Sarundajang juga mengajak seluruh bupati dan wali kota untuk mengheningkan cipta, berdoa untuk almarhum CJ Rantung, serta keluarganya diberikan ketabahan dalam menghadapi hal ini. Ia akan melayat ke Jakarta sekaligus menyampaikan rasa duka atas nama masyarakat Sulut dan keluarga.

CJ Rantung yang lahir 7 Desember 1935 adalah gubernur Sulut dua periode berturut-turut, 1985-1990 dan 1990-1995, menggantikan Gustaf Hein Mantik dan kemudian digantikan oleh Evert Ernest Mangindaan. Semasa hidupnya, CJ Rantung menjalani karier sebagai perwira militer di masa pemerintah Presiden Soeharto. Terakhir menjabat sebagai Direktur Pengembangan dan Pengkajian Strategis Sesko ABRI, sebelum diangkat menjadi Gubernur Sulut pada 1985.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya