Menteri Arab Saudi (kanan) bersama jemaah haji asal Selandia Baru (Al Arabiya)

Solopos.com, RIYADH Menteri Urusan Islam Arab Saudi, Sheikh Abdul Latif Al Sheikh, meminta maaf setelah menuai kritikan akibat mencium seorang jemaah perempuan yang menunaikan ibadah haji. Kelakuan tidak pantas sang menteri itu dilakukan terhadap istri dari korban penembakan di masjid Selandia Baru, Maret 2019 lalu.

Dikutip dari Al Araby, Kamis (8/8/2019), kejadian tak terduga itu terjadi saat si wanita jemaah haji curhat kepada Sheikh Abdul Latif Al Sheikh perihal suaminya yang meninggal pada insiden penembakan di masjid Selandia Baru. Pada video viral di media sosial telihat sang menteri mencium kepala wanita tersebut.

Sheikh Abdul Latif Al Sheikh menegaskan, hal itu dilakukan guna menghibur si jemaah haji. Namun, dia sadar tindakan tersebut menuai kontroversi yang membuatnya dikritik kaum konservatif. Menanggapi kritikan tersebut, dia pun menyampaikan permohonan maaf.

Kejadian yang Anda saksikan adalah tindakan spontan. Tuhan memberi kita rasa belas kasih di dalam hati. Kita ini memiliki hati nurani yang lembut, tidak seperti hewan atau batu. Sudah jelas bahwa agama kita, Islam, mengajarkan belas kasih,” terang Sheikh Abdul Latif Al Sheikh.

Pada 2019 ini, pemerintah Arab Saudi mengundang 200 anggota keluarga korban penembakan brutal di Christchurch, Selandia Baru untuk menunaikan ibadah haji. Kali ini, lebih dari 2,5 juta muslim dari penjuru dunia akan melaksanakan ibadah haji pada Jumat (9/8/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten