Citilink Untuk Kali Ketiga Raih Bintang Empat dari APEX, Mantap!
Pesawat Citilink (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Kabar menggembirakan datang dari maskapai penerbangan Citilink. Anak perusahaan Garuda Indonesia ini untuk ketiga kalinya meraih predikat maskapai berbiaya hemat bintang empat untuk tahun 2021.

Penghargaan dari Airline Passenger Experience Association (APEX) diraih Citilink dalam ajang FTE APEX Virtual Expo yang diselenggarakan oleh Future Travel Experience (FTE) dan APEX, secara virtual pada 9 Desember 2020.

APEX adalah asosiasi nirlaba dari New York, Amerika Serikat yang melakukan penilaian independen berdasarkan pengalaman penumpang bekerja sama dengan aplikasi pengelola perjalanan TripIt. Menggunakan skala lima bintang, hampir satu juta penerbangan dinilai oleh penumpang di lebih dari 600 maskapai di dunia. Predikat tertinggi untuk maskapai berbiaya hemat ialah bintang empat.

“Citilink dengan bangga dapat menjadi satu-satunya maskapai asal Asia Tenggara yang memperoleh predikat maskapai berbiaya hemat bintang empat dari APEX. Sehingga berhasil mempertahankan predikat tersebut selama tiga tahun berturut-turut. Pencapaian ini berhasil diraih dengan komitmen serta kerja keras karyawan dalam memberikan pelayanan yang prima untuk penumpang,” ujar Direktur Utama Citilink, Juliandra di Cengkareng, (12/1/2021).

Selain Citilink, maskapai berbiaya hemat lainnya yang juga dianugerahi predikat bintang empat, di antaranya Frontier Airlines, GoAir, Norwegian, Southwest Airlines, SpiceJet dan Spirit Airlines.

Prestasi dan Tantangan

Sepanjang tahun 2020, Citilink secara konsisten telah melakukan berbagai penyesuaian pada operasional penerbangan. Yakni mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Juga tetap menciptakan berbagai inovasi di masa pandemi. Seperti pengembangan lini bisnis kargo hingga menciptakan berbagai layanan untuk mewujudkan perjalanan yang hassle-free di seluruh touchpoints untuk para penumpang.

Juliandra menambahkan bahwa pencapaian ini merupakan prestasi sekaligus tantangan bagi Citilink untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya. Pihaknya akan menjadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk menciptakan berbagai inovasi. Tentunya dalam mewujudkan pengalaman terbang yang sehat dan nyaman untuk penumpang.

“Saya merasa terhormat dapat bertemu dengan tim eksekutif Citilink beberapa kali dan kami menantikan untuk kembali terbang bersama Citilink. Terakhir kali kami terbang dengan Citilink adalah dari dan menuju Bali. Layanan yang diberikan sangatlah baik dan Citilink merupakan maskapai yang menyenangkan untuk bekerja sama. Terima kasih Citilink,” ujar CEO APEX Dr. Joe Leader secara virtual, Rabu (9/12).

Citilink senantiasa tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya. Baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu ketentuan protokol kesehatan dari pemerintah. Ini untuk memastikan seluruh penerbangan berjalan optimal dan tetap memprioritaskan kesehatan serta keamanan pelanggan.

Tentang Citilink

Citilink merupakan maskapai penerbangan berbiaya hemat (LCC) yang berada di bawah naungan Garuda Indonesia Group. Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya hemat.

Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan. Di tahun 2017 meraih penghargaan Top IT Implementation Airlines Sector dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Lalu Transportation Safety Management Award dari Kementerian Perhubungan.

Pada awal Februari 2018, Citilink Indonesia menerima akreditasi bintang empat dari badan pemeringkat industri aviasi dunia, Skytrax, untuk kelas maskapai berbiaya murah (LCC). Hal tersebut merupakan akreditasi tertinggi.

Selain itu, juga telah meraih pengakuan sebagai salah satu dari dua LCC terbaik di Asia berdasarkan penilaian Traveler’s Choice 2018 dari situs perjalanan tripadvisor.com. Kemudianmenyabet tiga penghargaan Revolusi Mental BUMN 2018. Sedangkan dari Indonesia Travel and Tourism Foundation, Citilink Indonesia meraih penghargaan untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airline selama tujuh tahun berturut-turut sejak 2011.

Berbagai Penghargaan

Pada 2019, Citilink Indonesia meraih penghargaan 32nd ASEANTA Awards of Excellence 2019 dari ASEAN Tourism Association kategori Best ASEAN Airlines Program – Flexy Flight Program. Penghargaan Indonesia Original Brand (IOB) Award 2019 untuk kategori Airline – LCC selama empat tahun berturut-turut sejak 2016.

Bahkan Citilink berhasil mempertahankan predikat 4 Star Low Cost Airline versi SKYTRAX. Meraih Predikat 4 Star Low Cost Airline versi APEX. Pada 2020 meraih penghargaan 33rd ASEANTA Awards of Excellence 2020 dari ASEAN Tourism Association kategori Best ASEAN Airline Program dan Best ASEAN Tourism Photo. Predikat Best Low-Cost Airline di Asia untuk ketiga kalinya pada ajang Tripadvisor Traveler’s Choice Award 2020. Penghargaan khusus atas inovasi ‘Travelogistic’ dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020.

Citilink juga meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang BUMN Branding and Marketing Award 2020. Yakni BUMN Branding Award kategori Brand Identity. Global Branding and Marketing Award kategori International Appreciation. The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award kategori Creative Marketing Initiative.

Kemudian Citilink juga meraih penghargaan Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2020 kategori Transportation & Logistics – Airline. Inspiring Leader of Professional & Business pada Teropong Leadership Award 2020 diraih oleh Direktur Utama Citilink. Serta penghargaan Best Digital Marketing Champion kategori Transportation & Tourism pada Indonesia Digital Marketing Champions 2020.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom