SOLOPOS.COM - Pesawat Citilink (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA—Maskapai penerbangan Citilink dinilai merupakan maskapai yang paling siap untuk beroperasi secara komersial dan terjadwal di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta.

“Maskapai yang siap beroperasi Citilink,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti, Rabu (8/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, Citilink siap beroperasi untuk sejumlah tujuan seperti Jogja, Semarang (Jawa Tengah), dan Malang (Jawa Timur). Ia juga mengemukakan, pada awalnya kemungkinan hanya sekitar 10 slot penerbangan dan secara bertahap akan ditingkatkan.

Sementara maskapai lainnya yang juga diharapkan bakal segera beroperasi di Halim Perdanakusuma antara lain adalah Garuda Indonesia, Batik Air, dan Air Asia Indonesia.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko mengatakan, pihaknya telah bertemu Citilink yang telah memberikan konfirmasi operasionalnya di Halim yang rencananya mulai melayani secara komersial pada 10 Januari 2014.

PT Angkasa Pura II juga menggandeng The Aviation Strategies International Institute untuk mewujudkan perusahaan yang mengelola bandara berkelas dunia pada 2016.

Sedangkan PT Garuda Indonesia mengatakan siap mengalihkan sebagian penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta namun tetap menunggu persetujuan slot dari Kementerian Perhubungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya