Citilink Diminta Singgah Bandara Ngloram Blora
Pesawat maskapai penerbangan Citilink. (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Maskapai Citilink diminta segera membuka jalur penerbangan dari dan menuju Bandar Udara Ngloram, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Desakan atas pengadaan rute baru penerbangan bagi Bandara Ngloram Blora itu disampaikan Bupati Blora, Arief Rohman, Selasa (2/3/2021).

Menurut Bupati Arief Rohman, Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia itu bisa secepatnya membuka penerbangan dari dan menuju Ngloram. Harapannya rute tersebut dapat mulai beroperasi pada tahun 2021 ini juga.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Kata Astrologi Keras Kepala...

Apabila rute penerbangan Ngloram–Halim Perdanakusuma mulai beroperasi, Arief memperkirakan bakal berdampak pada ekonomi setempat. Bahkan aktivitas penerbangan di Bandara Ngloram Blora itu diyakini bakal terasa hingga ke daerah sekitar seperti Kabupaten Bojonegoro, Ngawi, dan Rembang.

Terkait permintaan tersebut, Benny Rustanto, Direktur Komersial Citilink, menyatakan kesiapannya untuk mendukung adanya penerbangan menuju Kabupaten Blora. “Kami dari Citilink dan Garuda Group pastinya akan siap men-support, apalagi dibantu Pak Bupati. Pasti akan meringankan kami. Kalau bisa sih sebelum lebaran sudah on. Kemarin Citilink di Bandara Wirasaba, Purbalingga, targetnya dua minggu sebelum lebaran akan aktif. Maka akan kita upayakan agar Ngloram juga bisa,” ungkap Benny.

Hampir Rampung

Sebelumnya, proses pembangunan di Bandara Ngloram dilaporkan sudah hampir rampung. Berdasarkan keterangan Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan, Nafhan Syahroni, proses pembangunan masih dilakukan untuk merampungkan terminal penumpang. Sementara itu, 1.500 meter landasan pacu dengan lebar 30 meter sudah siap digunakan.

Pembangunan lanjutan Bandara Ngloram diperkirakan akan sepenuhnya selesai pada tahun ini. Beberapa fasilitas tambahan akan disiapkan. Mulai dari penambahan landasan pacu sehingga totalnya mencapai 1.600 m, juga pemenuhan sarana dan prasarana lainnya.

Baca Juga: Jajal Peluang Bisnis Restoran Virtual

Operasional Bandara Ngloram Blora tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekonomi di Jawa Tengah, khususnya daerah Blora. Pasalnya, dengan akses transportasi udara tersebut, sektor industri perdagangan hingga pariwisata juga bakal ikut terangkat.

Untuk memastikan kesiapan bandara tersebut, beberapa uji coba operasional sudah sempat dilakukan. Pada awal tahun 2020 lalu, pesawat King Air GT200 telah mendarat di bandara tersebut. Uji coba kedua juga telah dilakukan pada Desember 2020 lalu. Saat itu, giliran pesawat Nam Air tipe ATR72 yang melakukan uji coba pendaratan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Berita Terkini Lainnya








Kolom