SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Maskapai penerbangan Citilink membuka rute baru dari Bandara Adi Soemarmo Solo ke Bandung pergi-pulang (PP) sejak bulan lalu.

Meskipun load factor atau tingkat keterisian kursinya masih rendah, rute ini dinilai memiliki potensi besar untuk mendongrak jumlah penumpang bandara setelag terminal keberangkatan baru diresmikan, Agustus lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Station Manager Citilink Bandara Adi Soemarmo, Rudi, mengatakan rute baru Solo-Bandung ini beroperasi sejak satu bulan lalu. Rute ini beroperasi sepekan dua kali, yakni setiap Selasa dan Kamis.

“Rute ini sudah jalan hampir satu bulan dengan penerbangan setiap Selasa dan Kamis dari Bandara Adi Soemarmo terjadwal pukul 14.40 WIB,” ujarnya, kepada Solopos.com, Jumat (6/9/2019).

Lebih lanjut, Rudi memaparkan rute ini menambah pilihan bagi masyarakat untuk bepergian. Sebelumnya, untuk rute domestik via Bandara Adi Soemarmo, Citilink melayani rute Solo-Jakarta pergi pulang baik melalui Bandara Soekarno Hatta maupun Halim Perdana Kusuma dengan yang terbang lima kali sehari.

Namun demikian, dia menggarisbawahi masih sedikitnya load factor rute baru Solo-Bandung PP. Selain terbang dua kali sepekan, Citilink menawarkan paket tiket sudah termasuk snack dan minuman serta ekstra 200 Garuda Miles.

Sementara itu, General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan rute Solo-Bandung sudah beroperasi sejak bulan lalu namun yang menjadi catatan jumlah penumpangnya masih minim.

“Tapi load factor kurang bagus seperti Solo-Banjarmasin, mungkin karena jammya. Kalau Banjarmasin itu kami pindah jamnya menjadi pagi malah bagus. Kami lihat dulu datanya. Prinsipnya kami terbuka kalau misalnya mau pindah jam,” katanya.

Dia juga menyoroti masih tingginya harga tiket menjadi penyebab load factor belum bagus. Namun, terkait tiket tersebut di luar kewenangan bandara.

Sebelum Citilink, rute Solo-Bandung dilayani Wings Air setiap Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Dari pantauan Solopos.com melalui aplikasi mobile Citilink, harga tiket Solo-Bandung Rp1,15 juta-Rp1,353 juta. Sedangkan via Traveloka Wings Air dibanderol Rp898.700, sementara Citilink Rp1,15 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya