SOLOPOS.COM - Ada beberapa ciri-ciri orang merdeka atau bebas secara finansial. (Ilustrasi/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Anda mungkin ingin tahu ciri-ciri orang yang merdeka atau bebas secara finansial dan ingin memastikan apakah Anda sudah termasuk di dalamnya.

Ya, merdeka finansial adalah impian bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, terlalu banyak orang yang gagal mencapai kebebasan finansial sebab dibebani dengan meningkatnya utang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang boros, atau masalah lain.

Terlebih lagi ada kejadian tak terduga, seperti yang terjadi saat ini, pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Kejadian seperti tentunya berdampak pada masalah finansial seseorang.

Bebas atau merdeka secara finansial adalah periode di saat seseorang sudah berhasil memenuhi tujuan keuangan dalam hidup, seperti pendidikan untuk anak, persiapan dana ketika sudah pensiun, dan juga asuransi yang memitigasi risiko.

Untuk lebih jelasnya berikut ciri-ciri orang yang merdeka secara finansial seperti dirangkum dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Senin (11/7/2022):

Baca Juga: Sempat Jadi Momok, Penyaluran Dana Pinjol Tembus Rp89,9 Triliun Per Mei

1. Tidak mencemaskan masa depan karena punya investasi

Ciri-ciri merdeka finansial yang pertama adalah memiliki investasi. Mengingat, Investasi menjadi salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial. Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apapun, yang penting adalah investasi tersebut harus memberikan return di atas inflasi.

2. Punya dana pensiun

Siapa yang tidak ingin aman di masa tua? Semua orang pasti mengingkan masa tua yang aman secara finansial. Itu sebabnya, mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sejak dini ketika masih dalam masa produktif.

Mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sejak dini ketika masih dalam masa produktif. Selain menabung di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), masa pensiun juga dapat dipersiapkan dengan investasi. Ada beberapa produk investasi yang bisa kalian pilih, seperti deposito, reksa dana, obligasi, emas, hingga saham.

Baca Juga: Tips Mengakses Layanan Asuransi dari OJK

3. Siap dengan dana pendidikan anak

Ciri-ciri merdeka finansial berikutnya adalah siap dengan biaya pendidikan anak-anak. Dana pendidikan di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, asuransi pendidikan akan membantu pendidikan anak di masa depan. Menjamin masa depan anak lewat ketersediaan dana pendidikan termasuk salah satu dari syarat menuju kebebasan finansial.

4. Punya dana darurat

Dana darurat, seperti namanya, adalah dana yang bisa dipakai saat keadaan darurat. Kamu bisa menyisihkannya dengan menabung separuh dari gaji pokok setiap bulan. Dengan adanya tabungan ini, kamu tidak perlu lagi khawatir apabila mendadak membutuhkan dana besar.

5. Kesehatan dan jiwa terlindungi oleh asuransi

Ciri-ciri merdeka finansial selanjutnya adalah kesehatan dan jiwa terlindungi. Hal utama yang wajib dimiliki orang bebas finansial adalah proteksi diri. Dan asuransi menjadi hal yang penting karena dapat membantu meminimalkan risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Itulah beberapa ciri-ciri orang merdeka atau bebas secara finansial, Anda sudah termasuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya