Ciptakan IndoVac, Erick Thohir: Bukti Indonesia Mampu Mandiri

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung penuh proses vaksinasi melalui Indonesia Vaccine atau IndoVac.

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis kedua booster di teras Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (24/11/2022) pagi.

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis kedua booster di teras Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (24/11/2022) pagi.

Solopos.com, BOGOR – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung penuh proses vaksinasi melalui Indonesia Vaccine atau IndoVac. Hal ini disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menerima suntikan dosis kedua booster di teras Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (24/11/2022) pagi.

“Alhamdulillah, pagi ini kami bisa memberikan vaksin booster untuk bapak dan ibu lansia di Bogor menggunakan vaksin buatan Indonesia, IndoVac,” ujar Erick dalam catatan tertulis yang diterima Solopos.com. Erick menyampaikan Presiden Jokowi juga turut melaksanakan vaksin booster kedua. Hal ini, menurut Erick, menjadi bukti nyata bahwa vaksin karya anak bangsa memiliki kualitas yang baik, aman, dan halal.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mantan Presiden Inter Milan tersebut mengatakan produksi IndoVac oleh PT Bio Farma (Persero) merupakan komitmen BUMN dalam optimalisasi penanganan pandemi Covid-19. Erick menilai vaksinasi booster merupakan hal yang krusial. Berdasarkan pernyataan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, ucap Erick, terdapat 60 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit diketahui belum vaksinasi booster. Selain itu, 80 persen korban meninggal dunia belum mendapatkan vaksinasi booster.

“Kasus Covid-19 sedang meningkat. Mari kita lindungi diri sendiri dan keluarga, salah satunya dengan vaksin booster,” lanjut Erick. Erick menambahkan kehadiran IndoVac yang diluncurkan pada Oktober lalu merupakan sebuah terobosan dan pengakuan bahwa Indonesia mampu memproduksi vaksin Covid-19 secara mandiri.

Baca Juga: Dipercaya Urusi Pernikahan Kaesang, Erick Tohir Andalan Presiden Jokowi

Bagi Erick, IndoVac yang merupakan hasil kerja sama antara holding BUMN farmasi dengan dengan Baylor College of Medicine (BCM) Amerika Serikat merupakan langkah konkret yang ditunjukkan BUMN dalam membantu pemerintah mewujudkan ketahanan kesehatan nasional.

“Tak hanya menjaga ketahanan sektor kesehatan, IndoVac juga ingin memperkuat kemandirian sektor kesehatan nasional. Dengan vaksin sendiri, tentu kita dapat menekan ketergantungan impor vaksin, bahkan kalau bisa menyetopnya karena sudah mampu produksi sendiri,” ucapnya.

Erick juga mengaku terus meningkatkan penguatan ekosistem sektor kesehatan di BUMN. Erick mendorong sinergisitas maupun konsolidasi holding farmasi dan holding rumah sakit agar menjadi sebuah ekosistem yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Baca Juga: Presiden Jokowi Suntik Vaksin Booster Kedua Gunakan Vaksin Indovac

“Konsolidasi ekosistem kesehatan nasional, termasuk untuk sektor riset dan pengembangan (RnD) harus terus dilakukan. Kita tidak tahu ke depan tantangan sektor kesehatan seperti pandemi terjadi lagi, untuk itu kita harus bersiap sedini mungkin,” kata Erick.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga menyapa dan berbincang dengan para tenaga kesehatan (nakes). Pria kelahiran Jakarta itu menyebut para nakes sebagai pahlawan bangsa yang berjuang membantu masyarakat sejak awal pandemi hingga saat ini.

“Alhamdulillah sekarang sama ibu-ibu nakes yang luar biasa, terima kasih yang terus berjuang pada saat [terjadi wabah] Covid-19. Sekarang juga masih terus berjuang untuk booster, tapi sekarang lebih bangga karena vaksinnya buatan Indonesia,” kata Erick menambahkan.

Baca Juga: Menteri BUMN Ajak Pengusaha Muda Jeli Tangkap Peluang

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Melejit Jelang Akhir Pekan! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 9 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Rabu (6/12/2022) hari ini, terpantau turun untuk Antam dan cetakan UBS.

      Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Duo Hartono Kokoh di Puncak

      Pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara masih kokoh menempati posisi puncak dengan akumulasi kekayaan yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

      IHSG Diprediksi Bisa Rebound, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan rebound ke level 6.860-6.880 pada perdagangan Jumat (9/12/2022) ini.

      Sambut Akhir Pekan, Berikut Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Jumat (9/12/2022).

      Begini Roadmap dan Peran MIND ID dalam Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

      Holding BUMN bidang pertambangan, MIND ID, terlibat dalam pengembangan mobil listrik sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi.

      RUU PPSK Atur Soal Bank Emas, Pengawasan di Bawah OJK

      Pemerintah dan DPR telah menyepakati dan menandatangani Rancangan Undang-undang terkait Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) atau omnibus law keuangan pada hari ini, Kamis (8/12/2022).

      Dorong Pemeratan Pembangunan, Jateng Butuh Tiga Poros Kawasan Ekonomi

      Butuh beberapa upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah (Jateng). Salah satunya upaya itu adalah dengan membentuk tiga poros kawasan ekonomi untuk pemerataan pembangunan.

      RUU PPSK Diteken, Dewan Komisioner OJK Bertambah Jadi 11 Anggota

      RUU PPSK yang sudah diteken pemerintah dan DPR mengatur tentang penambahan dua pekerjaan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) menjadi 11 anggota.

      Kabupaten Blora Simpan Banyak Potensi Investasi, Migas hingga Mal

      Blora mejadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang kini juga tengah menggenjot pertumbuhan ekonominya melalui sektor investasi.

      Tok! RUU PPSK Resmi Diteken Pemerintah dan DPR

      Pemerintah dan panitia kerja Komisi XI DPR RI telah menyepakati dan menandatangani Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor (RUU PPSK) untuk selanjutnya dibawa ke tingkat II dalam Rapat Paripurna.

      Lemari Es Sharp 20 Tahun Tanpa Henti Jadi Jawara di Ajang IBBA

      Untuk lemari es, Sharp berhasil mempertahankan posisi teratas selama 20 tahun berturut-turut sedangkan mesin cuci 7 tahun berturut sejak 2016.

      MIND ID: Solo Layak Jadi Kota Pengembangan Riset Teknologi Industri Tambang

      Holding BUMN bidang pertambangan, MIND ID, menilai Kota Solo bisa menjadi tempat pengembangan research and development (RnD) teknologi bidang pertambangan.

      Mengulas Pemilik dan Sejarah Hotel Ambarrukmo, Saksi Bisu Pernikahan Kaesang

      Mungkin saat ini banyak yang penasaran siapa pemilik dan sejarah dari Hotel Royal Ambarrukmo yang berada di Kota Jogja.

      Seru! The Sunan Hotel Solo Gelar Evening Cocktail di Griya Solopos

      Suasana tambah seru saat disuguhi aksi bartender juggling & flairing oleh tim Musro The Sunan Hotel Solo yang mengundang riuh tepuk tangan para karyawan Solopos Media Group. 

      Pelaku Industri Properti Optimistis 2022 Jadi Momentum Kebangkitan

      Kalangan pelaku industri properti dalam negeri menyatakan optimistis tahun ini merupakan awal kebangkitan kembali sektor tersebut pascapandemi Covid-19 di Tanah Air.