SOLOPOS.COM - Mobil listrik Xpeng P7. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Cina dikabarkan bakal memperkenalkan mobil listrik dengan harha relatif murah. Industri otomotif di negara tersebut memang tengah mengalami transformasi pesat yang mengguncang, mengingat persaingan harga pasar mobil listrik semakin ketat.

Belakangan, sejak awal tahun persaingan pasar pada kendaraan listrik Cina semakin memanas. Para produsen berlomba-lomba untuk menurunkan harga penjualan.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Build Your Dream (BYD), disinyalir menjadi produsen mobil listrik Cina yang menjadi pionir pemimpin besar dalam penurunan harga besar-besaran.

Sementara, produsen mobil listrik rintisan Cina, Xpeng berencana akan merilis mobil listrik terbaru dengan harga yang terjangkau. Dilansir dari Reuters, Senin (18/03/2024), produsen mobil yang berbasis di Guangzhou ini akan memperkenalkan merek tersebut pada April mendatang dan dipatok dengan kisaran harga 100 yuan dan 150 yuan atau setara dengan Rp220 juta dan Rp330 juta.

Sebagai perbandingan, saat ini produsen mobil listrik unggul umumnya telah mematok harga jual pada kisaran 200 yuan hingga 300 yuan atau setara Rp440 juta hingga Rp661 juta.

CEO Xpeng, He Xiaopeng mengungkapkan keputusan ini diambil sebagai langkah untuk menghadapi persaingan pasar yang dinamis. Untuk ke depannya, Xpeng akan memperkenalkan beragama model-model baru dengan teknologi kendaraan yang terjangkau dan tingkat berkendara cerdas dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Kendaraan merek baru tersebut diklaim sebagai mobil pertama dengan bantuan AI yang dikhususkan bagi anak muda. Di sisi lain Asosiasi Mobil Penumpang Cina (Chinese Passenger Car Association atau CPCA), melaporkan penjualan mobil listrik secara domestik di Negeri Tirai Bambu melambat hingga 18,2% pada Januari dan Februari. Sementara sepanjang tahun 2023 lebih tinggi pada level 20,8%.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Satu Lagi Mobil Listrik Murah Cina, Gunakan AI Harga Hanya Rp200 Jutaan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya