SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PORT ELIZABETH–Kemenangan Swiss atas juara Eropa Tim Matador Spanyol di laga pertama, tak bisa dipungkiri telah mengacaukan prediksi awal di babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Kini, Swiss dan Cile yang bakal bentrok di Stadion Nelson Mandala Bay, Senin (21/6), berada di posisi terdepan dalam perburuan tiket menuju babak kedua atau fase knockout. Baik Swiss maupun Cile sama-sama membukukan tiga angka di laga pertama, dan berbagi tempat teratas di klasemen sementara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenangan 1-0 atas Honduras pada partai pembuka, membawa Cile menuntaskan rasa lapar kemenangan di ajang Piala Dunia yang tak pernah mereka kecap dalam 48 tahun terakhir. Kedua tim yang bakal saling jegal di Port Elizabeth, memiliki peluang sama besar mengamankan tiket lolos dari penyisihan grup.

Jadi, kemenangan dalam bentrok ini jelas menjadi incaran kedua kubu. Pertandingan ini pun diprediksi lebih banyak menyuguhkan duel di udara daripada di tanah. Para penggawa La Roja, julukan Cile, bakal berusaha keras memecah pertahanan solid Swiss dan menghindar masuk perangkap yang sama seperti dialami Spanyol.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami benar-benar harus ekstra berhati-hati, karena dengan sedikit penguasaan bola Swiss terbukti tetap mampu mengalahkan Spanyol. Kami tahu bahwa kami harus memiliki daya jelajah lebih tinggi dibandingkan Spanyol, menciptakan sejumlah ruang, membuka pertahanan mereka yang sangat rapat,” ujar bek Cile, Gary Medel.

Striker Cile, Humberto Suazo, yang bermasalah dengan cedera hamstring, kemungkinan besar sudah bisa diturunkan untuk memimpin formasi tiga pemain di lini serang. Top skorer La Roja tersebut baru dimainkan selama 45 menit di pertandingan kompetitif sejak akhir April lalu.

Namun, kondisi Suazo saat ini sepertinya sudah fit dan siap tampil maksimal untuk menambah daya dobrak Cile. Saat Suazo berpeluang dimainkan, giliran kondisi playmaker Jorge Valdivia meragukan diturunkan.

Ketika Cile merasa di atas angin mampu memenangi laga ini, Swiss lebih memilih menempatkan diri mereka sebagai tim underdog. Apa pun status timnya, pelatih Swiss, Ottmar Hitzfeld, meyakini mental pasukannya terdongkrak setelah kemenangan atas Spanyol.

“Kami harus bermain dengan kepala dingin dan tak memberikan peluang terhadap Cile. Jika terlalu percaya diri, kami tidak akan mendapatkan sebuah kesempatan,” ujar Hitzfeld.

Striker Alexander Frei dan gelandang Valon Behrami yang absen pada laga pembuka, kemungkinan besar bisa dimainkan. Sedangkan bek sentral Phillipe Senderos dipastikan tak bisa diturunkan karena cedera.

Prakiraan susunan pemain
Cile (4-3-3): 1-Claudio Bravo; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 3-Waldo Ponce, 8-Arturo Vidal; 6-Carlos Carmona, 20-Rodrigo Millar, 14-Matias Fernandez; 9-Humberto Suazo, 15-Juan Beausejour, 7-Alexis Sanchez
Pelatih: Marcelo Bielsa

Swiss (4-4-2): 1-Diego Benaglio; 13-Stephane Grichting, 5-Steve von Bergen, 2-Stephan Lichtsteiner, 17-Reto Ziegler; 7-Tranquillo Barnetta, 8-Gokhan Inler, 6-Benjamin Huggel, 16-Gelson Fernandes; 19-Eren Derdiyok, 10-Blaise Nkufo
Pelatih: Ottmar Hitzfeld

JIBI/SOLOPOS/anh/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya