SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan puluhan kardus berisi uang menyusul operasi tangkap tangan (OTT), Rabu (27/3/2019) hingga Kamis (28/3/2019) dini hari. Uang dalam puluhan kardus tersebut ditemukan KPK di salah satu lokasi di Jakarta.

“Uang-uang tersebut kami amankan karena diduga terkait dengan pokok perkara,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam pesan singkat, Kamis (28/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat OTT, KPK juga menyita uang pecahan rupiah, dolar AS, dan sebuah mobil mewah. Febri belum menyampaikan berapa total uang yang disita tersebut. Jumlahnya akan dipaparkan saat konferensi pers malam nanti.

“Hasil dari OTT kemarin akan disampaikan malam ini melalui konferensi pers di KPK,” ujar Febri.

Sebelumnya, Tim Satgas KPK menjerat pejabat BUMN menyusul operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (27/3/2019) hingga Kamis (28/3/2019) dini hari. Total sudah 8 orang yang ditangkap KPK.

Selain salah satu direksi BUMN, turut diamankan unsur swasta dan anggota DPR. Diduga, salah satu pejabat BUMN yang terjaring OTT KPK berasal dari PT Pupuk Indonesia.

Febri Diansyah sebelumnya mengatakan pihaknya menerima informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan tindak pidana suap. KPK menduga dugaan suap dialirkan terkait distribusi pupuk melalui kapal.

“Jadi, kami menduga ada transaksi yang melibatkan sejumlah pihak terkait distribusi produksi pupuk,” ujar Febri, Kamis (28/3/2019) dini hari.

Tim Satgas KPK kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dan mengamankan 7 orang di Jakarta. “Dari sore sampai malam diamankan 7 orang. Ada direksi BUMN dan pihak swasta,” kata Febri. 

KPK kemudian mengonfirmasi adanya tambahan orang yang diamankan pada Kamis dini hari. Orang dimaksud berasal dari anggota DPR. Saat ini, semua yang terjaring tengah menjalani pemeriksaan intensif. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya