SOLOPOS.COM - Koordinator acara, Supartiningsih, membagi doorprize kepada peserta seusai kegiatan trauma healing di RT 3 Sayidan Sumberadi, Mlati, Sleman, Minggu (17/6) (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Koordinator acara, Supartiningsih, membagi doorprize kepada peserta seusai kegiatan trauma healing di RT 3 Sayidan Sumberadi, Mlati, Sleman, Minggu (17/6) (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

SLEMAN—Tak kurang dari 200-an warga RW22 Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman ikuti trauma healing bencana puting beliung yang sempat melanda wilayah tempat tinggal mereka, Minggu (17/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator acara, Supartiningsih mengatakan, puting beliung membawa trauma bagi warga yang mengalaminya, sehingga perlu pemulihan secara psikologis. Ia menjelaskan, kegiatan trauma healing yang diikuti seluruh warga, mulai dari laki-laki dan perempuan segala umur dilakukan melalui permainan, pengaturan nafas, hingga relaksasi salawat.

Dalam lagu dan permainan, sebut dia, diajarkan mengalihkan konsentrasi melalui lagu Cicak-cicak di Dinding. Peserta diajari untuk menyeleraskan lagu dengan gerak ibu jari dan kelingking di kedua tangan.

“Agar bisa selaras dibutuhkan konsentrasi tinggi, dan itu akan membuat orang mengalihkan perhatian orang dari ketakutan yang dirasakannya,” terang Ning kepada Harian Jogja.

Selain itu, sambung dia, peserta juga diajari cara mengatur nafas melalui tarik nafas dan menahannnya selam delapan ketukan untuk membuat diri lebih rileks. Terakhir, mengingat sebagian besar warga adalah muslim, maka diterapkan salawat dan istighfar untuk selalu ingat kepada Tuhan.

Ia menambahkan puting beliung yang terjadi 5 April lalu telah merusak sebagian besar rumah warga. “Dari 40 rumah warga, yang tidak rusak hanya lima rumah,” ujar dia. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya