SOLOPOS.COM - Chung Mong Gyu (Wikipedia)

Chung Mong Gyu terpilih jadi jadi Wakil Presiden AFC.

Harianjogja.com, KUALA LUMPUR — Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Senin (26/9/2016), mengumumkan pengangkatan Chung Mong Gyu dari Korea Selatan sebagai wakil presiden organisasi tersebut menggantikan Zhang Jilong dari China.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengangkatan Chung sebagai Wakil Presiden AFC Zona Timur itu dipastikan oleh Komite Eksekutif AFC beberapa saat setelah pengunduran diri Zhang, ungkap lembaga yang mengatur persepakbolaan di Asia tersebut. Chung adalah presiden petahana Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Presiden AFC Syeikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa menyampaikan terima kasih kepada Zhang atas dedikasinya terhadap persepakbolaan di Asia.

“Melalui pengabdiannya yang tak kenal lelah, keahliannya yang tiada tara, dan kecintaannya pada permainan kami, Jilong telah begitu mendedikasikan dirinya untuk persepakbolaan Asia, terutama saat dia menjabat sebagai pelaksana tugas presiden pada 2013. Dalam setiap jalan, persepakbolaan Asia senantiasa diperkaya dan diinspirasi oleh pengabdiannya,” ujarnya, Selasa (27/9/2016).

Perjalanan Zhang dalam mengurus persepakbolaan dimulai dari Asosiasi Sepak Bola China. Pada periode 2000-2011, dia memimpin Komisi Keuangan AFC. Karir pertamanya di AFC bermula pada 1997 sebagai wakil presiden organisasi tersebut.

Setelah Presiden AFC Mohamed bin Hammam dilarang Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akibat kasus suap pada 2011, Zhang mengambil kendali sebagai pelaksana tugas Presiden AFC hingga Mei 2013. Dia tetap menduduki posisi wakil presiden senior menyusul terpilihnya Syeikh Salman terpilih sebagai Presiden AFC definitif.

Zhang juga menjalankan peran penting di beberapa komisi di FIFA, termasuk Komisi Futsal, Komisi Wasit dan Keamanan, dan Komisi Integritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya