SOLOPOS.COM - Foto yang diambil dari video yang diunggah di YouTube menunjukkan Chris Hadfield dengan gitarnya di stasiun antariksa internasional ISS. (YouTube)

Foto yang diambil dari video yang diunggah di YouTube menunjukkan Chris Hadfield dengan gitarnya di stasiun antariksa internasional ISS. (YouTube)

Foto yang diambil dari video yang diunggah di YouTube menunjukkan Chris Hadfield dengan gitarnya di stasiun antariksa internasional ISS. (YouTube)

Astronaut Kanada Chris Hadfield mungkin termasuk manusia langka di profesinya. Bagaimana tidak, pria 53 tahun ini bukan saja pilot tempur AU Kanada dan astronaut yang dua kali terbang dalam misi pesawat ulang alik tahun 1995 dan 2001, namun dia sekaligus seorang berbakat artistik yang tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama dua bulan penugasan terakhirnya sebagai komandan stasiun antariksa internasional, ISS, dari total lima bulan di sana, Hadfield bukan saja mengirim ribuan foto bernilai artistik yang diambilnya dari tempat tugasnya ribuan kilometer di atas Bumi, namun dia juga membuat video musik untuk menandai masa tugasnya. Video musik itu digarap cukup serius dan menampilkan lagu dari David Bowie, Space Oddity.

Tak mau main-main dengan videonya ini dan untuk menepis ganjalan soal hak cipta, Hadfield bahkan secara khusus minta izin kepada Bowie untuk menyanyikan lagu itu dengan sejumlah bagian lirik yang diubah. Kebetulan, Space Oddity versi asli Bowie memang berkisah tentang perjalanan seorang astronaut bernama Mayor Tom ke antariksa. Namun kalau lagu Bowie berakhir dengan tragedi karena si astronaut lantas mengalami masalah di pesawatnya dan akhirnya hilang, Hadfield mengubah liriknya agar sesuai dengan kisahnya sendiri, yaitu saat dia akan mengakhiri tugasnya di ISS dan pulang ke Bumi.

Hadfield pulang bersama rekannya, kosmonaut Rusia Roman Romanenko dan astronaut AS Tom Marshburn, dan mendarat di padang rumput Kazakhstan, Senin lalu.

Video musiknya, yang digarap dengan bantuan putranya, Evan Hadfield, sejak ditayangkan di YouTube 12 Mei lalu hingga kini sudah mencatatkan jumlah penonton mencapai lebih dari 9 juta. Dalam video itu Hadfield terlihat menyanyikan lagu Space Oddity versinya dalam berbagai pose di dalam ISS. Dia juga memperlihatkan kemampuannya menggenjreng gitar yang memang sengaja dibawanya dari Bumi.

Berikut ini lirik Space Oddity yang liriknya sudah sedikit diubah oleh Chris Hadfield:

Ground control to Major Tom
Ground control to Major Tom
Lock your Soyuz hash and put your helmet on.

Ground control to Major Tom
Commencing countdown engines on
Detach from station and may God’s love be with you

This is ground control to Major Tom
You’ve really made the grade
and the papers want to know whose shirts you wear
But it’s time to guide the capsule if you dare

This is Major Tom to ground control
I’ve left forevermore
And I’m floating in most peculiar way
And the stars look very different today

For here am I sitting in a tin can
Far above the world
The planet Earth is blue and there’s nothing left to do

Though I’ve flown one hundred thousand miles
I’m feeling very still
And before too long I know it’s time to go
Our commander comes down back to earth, and knows

Ground control to Major Tom
The time is near, there’s not too long
Can you hear me Major Tom?
Can you hear me Major Tom?
Can you hear me Major Tom?
Can you hear…

Here am I floating in my tin can
A last glimpse of the world
The planet Earth is blue and there’s nothing left to do

Video musik Space Oddity dari Chris Hadfield

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya