SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi E-KTP (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Seiring dengan surat edaran Mendagri Gamawan Fauzi mengenai larangan E-KTP distapler maupun difoto kopi berkali-kali, masyarakat pun menyangsikan benarkan E-KTP telah memiliki chip?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belakangan ini di situs berbagi video Youtube telah beredar sedikitnya tiga video pembuktina benarkan E-KTP memiliki Chip?

Ekspedisi Mudik 2024

Akun video Mulyanto Akhmad yang mengunggah video dengan judul Deteksi chip eKTP dengan NFC pada Nexus 7 , Senin (6/5/2013) melakukan pembuktian menggunakan perangkat Nexus beraplikasi Android.

Hingga Selasa (7/5/2013), video tersebut sudah disaksikan 300 orang. Pembuktian chip E-KTP bisa dilakukan menggunkan ponsel Android yang sudah tersedia NFC Enable.

Adapun untuk menyetingnya adalah sebagai berikut :
1. Settings > Wireless & Networks > More… > NFC > check “Allow data exhange when the phone touches another device”, aktifkan android beam

2. Lalu install dari Google Play Store: NFC TagInfo dan open app

3. Dekatkan e KTP ke device.

4. Akan ada notifikasi jika terdapat chip RFID dalam kartu

Sebagaimana dikutip dari detik.com, Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan e-KTP yang beredar saat ini sudah memiliki chip. Masyarakat pun bisa membuktikan apakah e-KTP tersebut sudah memiliki chip dengan cara sederhana.

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/07052013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya