SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (Is Ariyanto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi E-KTP (Is Ariyanto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Mendagri mengeluarkan surat edaran yang melarang keping E-KTP difoto kopi berulang dan distapler. Belakangan muncul keraguraguan masyarakat benarkan E-KTP telah memiliki chip.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Salah satu user di Youtube bernama Akhmad Mulyanto mengunggah video ke situs tersebut, Kamis (6/5/20913). Dalam video yang diberi judul Deteksi Chip E-KTP dengan NFC pada Nexus 7, Akhmad menjelaskan pembuktian chip E-KTP. Akhmad membuktikan kebenaran chip tersebut lewat aplikasi dalam sebuah tablet.

Caranya sangat mudah, dia hanya menempelkan E-KTP ke kamera tabletnya dan keluar berupa tulisan-tulisan yang menandakan kalau kartu itu memiliki chip.

Caranya dengan menyiapkan ponsel dengan basis operasi Android dan aplikasi NFC Reader. Alhasil, saat kartu ditempelkan ke ponsel, keluarlah data-data terkait keberadaan chip tersebut.

Tulisan tersebut bertuliskan angka-angka dan Radio RFID (radio frequency identification). Namun tidak ada keterangan apa pun soal biodata si pemilik e-KTP. Dengan demikian keberadaan RFID bisa dibuktikan.

Mendagri Gamawan mengatakan kalau chip yang terdapat di e-KTP merupakan chip jenis contactless dan tidak nampak dari luar. “Chip yang di dalam itu namanya contactless, dan tidak muncul di luar,” terangnya kepada detikcom.

Di situs e-KTP.com, ada penjelasan chip itu tidak nampak karena menggunakan Gelombang Radio RFID (radio frequency identification), sehingga e-KTP tidak harus persis menyentuh alat pembaca untuk bisa dibaca.

Gamawan membantah foto ilustrasi di situs Setkab.go.id yang menampilkan chip yang terlihat dari luar. Menurut Gamawan, gambar itu salah.

Berikut ini link Pembuktian Chip E-KTP yang diunggah ke Youtube :

http://www.solopos.com/arsip-video

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya