Tutup Iklan

China Timur Dilanda Angin Topan, Lebih 100.000 Orang Dievakuasi

China Timur diterjang angin topan In-Fa sehingga lebih dari 100.000 orang harus dievakuasi, pembatalan penerbangan masuk dan keluar Shanghai.

 Bendera China dikibarkan di lapangan Tiananmen untuk menyambut the Belt and Road Forum atau KTT Jalur Sutra, di Beijing, China. (Bisnis-Reuters)

SOLOPOS.COM - Bendera China dikibarkan di lapangan Tiananmen untuk menyambut the Belt and Road Forum atau KTT Jalur Sutra, di Beijing, China. (Bisnis-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — China Timur diterjang angin topan In-Fa. Akibatnya lebih dari 100.000 orang harus dievakuasi, pembatalan penerbangan masuk dan keluar Shanghai, dan penghentian operasi bisnis.

Angin topan menerpa Zhoushan, Provinsi Zhejiang, Republik Rakyat Tiongkok pada pukul 12.30 waktu setempat, Minggu (25/7/2021). Administrator Meteorologi China sebagai dilansir Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Bloomberg dengan kekuatan angin maksimum 125 kaki atau 38 meter setiap detik.

Baca Juga: Ini 4 Aplikasi Cek Saturasi Oksigen di Android

Pemerintah China setempat memerintahkan sekolah, pasar, dan bisnis untuk tutup, dan merelokasi lebih dari 100.000 orang, dengan perkiraan curah hujan 10 inci (25,5 sentimeter) hingga 14 inci selama musim angin topon.

Di Shanghai, semua penerbangan masuk dan keluar yang dijadwalkan pada hari ini dibatalkan untuk dua bandara kota, Bandara Internasional Pudong Shanghai dan Bandara Internasional Hongqiao. Kereta berkecepatan tinggi masuk dan keluar kota akan ditangguhkan mulai pukul 19.00 waktu setempat, dan beberapa jalur metro telah menangguhkan layanan, menurut otoritas kereta api dan pemerintah kota.

Waktu Serangan Topan

Badai tropis diperkirakan akan mendarat lagi di Kota Jiaxing, Provinsi Zhejiang dan Distrik Keuangan Pudong Shanghai pada hari Minggu. Hingga pukul 17.00 sore, topan masih melanda Zhoushan. Hujan lebat diperkirakan terjadi di Zhejiang utara, Shanghai, Jiangsu, dan sebagian Anhui dalam 24 hingga 48 jam ke depan.

Kantor Berita Xinhua, mengutip biro urusan maritim pelabuhan melaporkan Pelabuhan Yangshan mengevakuasi ratusan kapal saat kekuatan angin di lepas pantai mencapai hingga 102 km/jam dan akan terus menguat. Semua kapal kontainer besar dievakuasi pada Sabtu dini hari.

Baca Juga: Lebih 4 Juta Kematian Global akibat Covid-19

Topan tersebut sebelumnya mengikuti banjir bersejarah pekan lalu di Provinsi Henan tengah di mana sedikitnya 63 orang tewas. Korban tewas termasuk 12 orang yang tewas setelah kereta bawah tanah dibanjiri di ibu kota Zhengzhou.

Kota berpenduduk lebih dari 10 juta ini terguncang dari rekor curah hujan, dengan curah hujan satu tahun hanya dalam tiga hari.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Duh, 150 Hakim di Jatim Diadukan karena Melanggar Kode Etik

Sedikitnya 150 hakim di Jawa Timur diadukan ke Komisi Yudisial karena melanggar kode etik.

Epidemiolog Kaget Kasus Corona RI Bisa Turun Cepat

Pandu sendiri mengaku kaget dengan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia bisa turun dengan cepat.

Buronan 12 Tahun Terdeteksi Gara-Gara Menggugat Cerai Istri

Sang buronan terdeteksi setelah namanya muncul di Pengadilan Agama Subang, Jawa Barat sebagai penggugat cerai istrinya.

Kapolda Jateng Janji Beri Pekerjaan Pensiunan Polisi Silver Semarang

Janji itu dilontarkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi setelah video pensiunan polisi silver itu marak di media sosial.

Eksploitasi Anak, Dulu Bocah Silver kini Bayi Silver

Kasus eksploitasi anak dengan dijadikan objek mengamen tidak hanya terjadi saat ini.

Ijazah Jaksa Agung Simpang Siur, Yang Benar Lulusan Mana?

Versi terbaru Kapuspenkum Kejagung, Burhanuddin lulus S1 di Universitas 17 Agustus Semarang.

Eks Elite FPI Dirikan Perisai Bangsa, Tonton G30S/PKI

Ormas Perisai Bangsa diinisiasi Habib Umar Al Athos yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi FPI Surabaya.

Keterlaluan! Dicat Silver, Bayi 10 Bulan Diekploitasi untuk Mengamen

Seorang bayi berusia 10 bulan dieksploitasi untuk mengamen dengan dilumuri cat silver.

Survei Indikator: Kepercayaan Tertinggi Publik kepada TNI

Kepercayaan tertinggi responden kepada TNI sedangkan kepercayaan terendah kepada DPR dan partai politik.

Kepuasan Kinerja Jokowi Menurun, Ini Kata Direktur Indikator Politik

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan faktor yang menyebabkan tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi menurun.

Mahadata Meningkatkan Kualitas Statistik Menuju Satu Data Indonesia

Mahadata memang memiliki potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai informasi pelengkap statistik resmi.

Video Mengamuk Viral, Ini Klarifikasi Bupati Solok

Bupati Solok akhirnya buka suara tentang alasannya mengamuk di rapat dengan para wakil rakyat pada Jumat (24/9/2021) tersebut.

Kepuasan Publik Atas Kinerja Jokowi Menurun, Ini Angkanya

Tren penurunan kepuasan publik atas kinerja Jokowi terjadi sejak pertengahan 2019.

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Dua Lembaga Umumkan Kandidat Karya Sastra Terbaik 2021

Karya-karya sastra yang dipapresisasi adalah karya sastra yang bermanfaat dan berpengaruh positif dalam pembangunan karakter bangsa.

10 Berita Terpopuler: Bayangan Hitam Terekam CCTV hingga Kondisi Tukul

Kabar tentang bayangan hitam yang terekam kamera closed circuit television (CCTV) di sebuah rumah di Wonogiri menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (26/9/2021).