SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wikipedia.org)

Ilustrasi (wikipedia.org)

BEIJINGChina menyesalkan keputusan Komisi Eropa untuk melakukan penyelidikan atas dugaan praktik dumping produk panel surya buatan China di Eropa.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dalam pernyataan yang langsung dikeluarkan untuk merespons pengumuman Komisi Eropa di Brussels, Kamis (6/9/2012),China memperingatkan, pembatasan impor panel surya produk Chinabisa membahayakan sektor energi bersih secara global.

“Chinamengungkapkan penyesalan yang mendalam tentang keputusan itu,” ungkap juru bicara Departemen Perdagangan China, Shen Danyang, dalam sebuah pernyataan di situs kementerian, www.mofcom.gov.cn.

“Membatasi produk solar panelChinatidak hanya akan merugikan kepentingan industri kedua pihak, China dan Eropa, tapi juga akan merusak perkembangan sehat energi solar global dan sektor energi bersih,” kata Shen.

Dia mendesak perlunya negosiasi untuk mengatasi sengketa tersebut.

Industri energi surya China berkembang pesat menyusul ekspor yang menguntungkan ke Eropa. Namun kini mereka menghadapi kelebihan kapasitas pasar ekspor sementara permintaan domestik tetap tidak mencukupi.

Keputusan Komisi Eropa untuk menyelidiki dugaan praktik dumping diambil menyusul protes sejumlah produsen panel surya di Eropa, yang dipimpin oleh SolarWorld dari Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya