SOLOPOS.COM - Tontowi/Liliyana Natsir (Badmintonindonesia.org)

China Open 2016 mengabarkan kemenangan Tontowi/Liliyana ke final.

Solopos.com, FUZHOU — Ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, lolos ke babak final China Open Super Series Premier 2016 setelah mengalahkan wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Chae Yoo Jung, dengan skor 21-17 dan 25-23.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan demikian, ada dua wakil Indonesia yang akan bertanding di partai final turnamen bulu tangkis China Open 2016, Minggu (20/11/2016). Sebelumnya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah memastikan diri ke babak final. Mereka akan berhadapan dengan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Tontowi/Liliyana mengalahkan wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Chae Yoo Jung, Korea, untuk kali kedua. Di All England 2015 lalu, Tontowi/Liliyana menaklukkan Choi/Chae dengan 21-12 dan 21-7.

Pasangan Indonesia ini pun berhasil mengulangi kesuksesannya. Mereka menang dengan skor 21-17 dan 25-23. Meski menang dua set langsung, pertandingan kali ini bukan suatu hal yang mudah begitu saja buat Tontowi/Liliyana.

Di set pertama, Tontowi/Liliyana harus tertinggal lebih dulu, 0-4, 3-8, dan 8-12. Setelah itu Tontowi/Liliyana merebut lima poin berturut menjadi 13-12.

Dari situ, Tontowi/Liliyana mencoba untuk memimpin jalannya pertandingan hingga menang 21-17. Di set kedua pun sama. Tontowi/Liliyana beberapa kali harus tertinggal lebih dulu, sebelum ketat menyusul poin dengan lawan.

“Kalau menurut saya, tadi kami bermain lebih tenang. Walaupun ketinggalan tapi kami tetap tenang, tetap fokus dan tetap kontrol. Walaupun di set awal, saya sempat kendur dan ketinggalan 0-4. Tapi habis itu kami balik lagi,” ujar Tontowi mengenai kunci kemenangannya.

“Kami sudah tahu karakter pemain Korea Selatan yang alot, kuat dan enggak gampang dimatiin. Jadi kami perlu lebih sabar dan tenang. Kalau ketinggalan tetap tenang, karena belum selesai. Fokus lagi buat cari poin,” kata Liliyana.

Selanjutnya di partai final China Open 2016, Tontowi/Liliyana masih menunggu lawan antara pasangan Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na vs wakil Tiongkok, Zhang Nan/Li Yinhui.

“Di partai final yang pasti lawan lebih berat lagi. Jadi kami harus siap semuanya, fisik, fokus, ketenangan dan komunikasi kami harus lebih lagi,” tutur Liliyana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya