SOLOPOS.COM - Ilustrasi alien. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Teleskop raksasa buatan China akan mulai beroperasi pada September 2020 mendatang. Teleskop China itu akan berusaha menangkap sinyal-sinyal alien di luar angkasa.

Dikutip dari Detik.com, Selasa (2/6/2020), teleskop itu dinamai Five-hundred-meter Aperture Spherical Teleskop (FAST). Alat itu merupakan teleskop radio single aperture terbesar di dunia.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

FAST sebenarnya sudah beroperasi sejak bulan Januari untuk aktivitas ilmiah yang bersifat umum. Saat ini, teleskop tersebut sedang menerima upgrade yang bisa mengurangi gangguan sinyal dan meningkatkan kapasitas riset.

Kecelakaan Klaten: Motor Tabrak Tronton di Delanggu, Tangan Buruh Asal Ceper Patah

Pada Maret lalu, Search for Extraterrestrial Intelligence(SETI) atau Ilmuwan Pencari Kehidupan Ekstraterrestrial menerbitkan makalah penelitian yang menyimpulkan hasil observasi awal FAST. Makalah tersebut meneliti bagaimana meningkatkan kapasitas teleskop untuk menghilangkan gangguan frekuensi radio dari Bumi.

Mereka juga mengidentifikasi sinyal narrowband menarik yang bisa menjadi kandidat sinyal kehidupan ekstraterestrial dan akan diperiksa lagi untuk melihat sinyal mana yang berasal dari kehidupan ekstraterestrial.

Pemimpin riset SETI di China, Zhang Tongjie, mengatakan penelitian untuk mencari kehidupan alien ini tidak akan bertabrakan dengan misi ilmiah reguler. Misi itu termasuk menemukan pulsar dan sinyal radio interstellar lainnya yang memberikan petunjuk tentang terbentuknya tata surya.

Hari Ini Dalam Sejarah: 2 Juni 1010, Kekhalifahan Cordoba Runtuh

Selain itu, Zhang mengatakan FAST ia tidak berharap sinyal tersebut datang dari kehidupan intelijen meski sudah menemukan sinyal ekstraterestrial.

Namun jika ada alien yang menyebarkan sinyal radio, FAST bisa jadi salah satu teleskop yang menangkapnya. Teleskop raksasa itu memiliki permukaan utama yang mencapai 500 meter dan bisa mengakses area langit yang lebih luas dibanding teleskop Arecibo di Puerto Rico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya