Ilustrasi. (Istimewa/MAN TRUCKS)

Solopos.com, BEIJING - China membangun area khusus untuk menguji kendaraan otonom yang nantinya dapat dipakai di jalan tol. Hal itu dilakukan untuk menjawab tantangan global terkait dengan implementasi kendaraan otonom.

Dilansir Bloomberg, Jumat (19/4/2019), Qilu Transportation Development Group Co. menggunakan sebagian jalan tol yang berada di Provinsi Shandong untuk menguji teknologi tersebut. Konstruksi area khusus sepanjang 26 km itu telah dimulai sejak 12 April dan diharapkan selesai pada September 2019.

Bagian dari jalan tol yang digunakan untuk pengujian itu memiliki 3 terowongan, 1 jembatan, dan 3 pintu tol. Qilu akan memasang sensor, alat monitor cuaca, dan rambu lalu lintas cerdas yang akan bertukar data dengan kendaraan, jalan, dan pengemudi.

Adapun selama pengujian tersebut, pengguna jalan yang menghubungkan Kota Binzhou dan Laiwu itu diarahkan ke rute alternatif.

Qilu Transportation Development Group Co. merupakan perusahaan milik pemerintah China. Saat ini sejumlah produsen otomotif di China terus menyiapkan diri untuk menyongsong kendaraan otonom.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten