SOLOPOS.COM - Bek Chelsea, Branislav Ivanovic (kiri), mendapat selamat dari rekannya, David Luiz, seusai mencetak gol ke gawang Sunderlan di Stamford Bridge, London, Minggu (7/4/2013) WIB. Dalam laga itu, Chelsea menang 2-1 atas Sunderland. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Bek Chelsea, Branislav Ivanovic (kiri), mendapat selamat dari rekannya, David Luiz, seusai mencetak gol ke gawang Sunderlan di Stamford Bridge, London, Minggu (7/4/2013) WIB. Dalam laga itu, Chelsea menang 2-1 atas Sunderland. JIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON Chelsea meraih hasil positif dengan menundukkan Sunderland 2-1 pada lanjutan Liga Premier Inggris.Kemenangan ini membuat The Blues, julukan Chelsea, kembali menempati urutan tiga dalam tabel klasemen Liga Premier Inggris.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Duel yang digelar di Stamford Bridge, London, Minggu (7/4/2013) malam WIB itu, diwarnai dengan dua gol bunuh diri dari kedua belah pihak. Chelsea sempat tertinggal lebih dulu melalui gol bunuh diri Azpiliceta di babak pertama. Namun, The Blues berbalik unggul di babak kedua setelah pemain Sunderland, Mathew Kilgallon, melakukan gol bunuh diri serta satu gol lainnya diciptakan oleh Branislav Ivanovic.

Hasil ini membuat Chelsea naik dua peringkat dan kembali menempati posisi tiga klasemen Liga Premier dengan torehan 58 poin. Perolehan poin Chelsea ini sama dengan milik Tottenham Hotspur, yang menempati posisi keempat. Namun, Tottenham kalah dalam selisih gol dari Chelsea. Sedang, Arsenal, yang pada laga Sabtu (6/4/2013) mengalahkan West Bromwich Albion 2-1, mengoleksi 56 poin dan menempati urutan kelima.

Menghadapi The Blues di Stamford Bridge, malam tadi, merupakan debut pertama Paolo Di Canio sebagai manajer Sunderland. Pria asal Italia itu menangani Sunderland sebagai pengganti Martin O’Neill, yang dipecat beberapa waktu lalu.

Di bawah arah Di Canio, Sunderland mengawali laga dengan cukup apik. The Black Cats, julukan Sunderland, mencoba langsung tampil impresif. Peluang Sunderland pun ditandai lewat tembakan keras Sessegnon. Sayang, tembakannya masih menyimpang.

Namun, kendali Sunderland itu hanya bertahan beberapa saat. The Blues langsung mengambil alih kendali lewat beberapa serangan berbahaya.

Chelsea yang memiliki segudang pemain berkualitas pun akhirnya mampu menguasai jalannya pertandingan. Dari data statistik yang dilansir Soccer.net, The Blues unggul penguasaan bola 67% berbanding 33% dari Sunderland.

Unggul ball possession juga membuat Chelsea lebih banyak menciptakan peluang dibanding Sunderland. Tercatat The Blues sukses melepaskan sembilan tembakan, dua di antara tepat ke sasaran, sementara Sunderland hanya membukukan lima kali tembakan.

Kendati demikian, menguasai permainan bukan jaminan The Blues mampu menciptakan keunggulan. Menjelang akhir laga, gawang Chelsea justru kebobolan lebih dulu melalui gol bunuh diri Azpilicueta di menit ke-45.

Gol bunuh diri bek asal Spanyol ini terjadi setelah salah melakukan antisipasi sepak pojok yang dilepaskan Adam Johnson. Sunderland pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Chelsea.

Seusai jeda, Chelsea langsung menggempur pertahanan Sunderland. Rotasi dilakukan klub asal London Barat itu dengan menarik Demba Ba dan digantikan dengan Fernando Torres.

Hadirnya Il Nino, julukan Torres, membuat serangan Chelsea lebih efektif. Upaya Chelsea untuk mengejar ketertinggalan pun terbukti berbuah hasil. Sunderland hilang fokus dan ganti melakukan gol bunuh diri oleh Mathew Kilgallon di menit ke-47. Kedudukan pun berubah sama kuat 1-1.

Gol bunuh diri membuat mental Sunderland yang semula tinggi tiba-tiba down. Meski sempat melakukan tekanan, namun The Black Cats kembali kebobolan di menit ke-55.

Chelsea berbalik unggul melalui gol yang disematkan Branislav Ivanovic, setelah memanfaatkan sepakan David Luiz. Chelsea pun balik memimpin 2-1.

Berbalik unggul membuat Chelsea mengendurkan serangannya pada 15 menit sebelum laga berakhri. Hal ini dimanfaatkan tim tamu untuk mengejar ketertinggalan. Namun, hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan, tak ada lagi gol tercipta. Keunggulan Chelsea 2-1 tak terusik.

 

Susunan pemain

Chelsea : Cech (Gk), Azpilicueta, Ivanovic, David Luiz (John Terry 68’), Bertrand, Ramires, Mikel, Oscar, Mata, Hazard (Benayoun 85’), Ba (Torres 46’)

Sunderland: Mignolet (Gk), Bardsley, Rose, O’Shea, Kilgallon, N’Diaye, Gardner (Colback 82’), Larsson (James McLean 71’), Johnson, Sessegnon, Wickham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya