SOLOPOS.COM - Gelandang Chelsea Oscar berhadapan dengan bek Manchester United Michael Carrick. JIBI/Rtr/Eddie Keog

Solopos.com, LONDON — Manchester United kian terpuruk. Bertandang ke markas Chelsea, The Red Devils tak berkutik menghadapi The Blues. Hat-trick Samuel Eto’o benar-benar menghancurkan Danny Welbeck dkk dengan skor 3-1 dalam big match Liga Premier Inggris.

Menjamu MU di Stamford Bridge, Minggu (19/1/2014), Chelsea kembali memasang David Luiz sebagai gelandang bertahan dan Eto’o sebagai penyerang tunggal. Eto’o ditopang oleh tiga gelandang serang, yakni Eden Hazard, Oscar, dan Willian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, MU tampil tanpa dua penyerang terbaiknya, Robin van Persie dan Wayne Rooney. Mereka pun memasang Danny Welbeck sendirian di depan.

Eto’o menjadi bintang pada pertandingan ini. Dia memborong semua gol Chelsea. Dua gol dia cetak pada babak pertama, sementara sisanya setelah jeda. MU cuma bisa membalas satu gol. Satu-satunya gol tim tamu tercipta atas nama Javier ‘Chicharito’ Hernandez.

Ekspedisi Mudik 2024

Hasil ini tak mengubah posisi Chelsea di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris. Mereka punya 49 poin dari 22 pertandingan, tertinggal dua poin dari Arsenal yang ada di urutan teratas.

Seperti dilansir detiksport, bagi MU, ini adalah kekalahan ketujuh yang mereka derita pada musim ini. The Red Devils tetap di posisi ketujuh dengan 37 poin.

Meski berstatus tim tamu, MU lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Mereka mengancam gawang Chelsea pada menit kedua. Ashley Young bermain umpan satu-dua dengan Danny Welbeck kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi, kiper Petr Cech menunjukkan reaksi yang sangat baik dan bisa menepis bola.

Chelsea yang kalah dalam penguasaan bola mendapatkan kesempatan pada menit ke-11. Namun, tendangan Ramires dari luar kotak penalti terlalu lemah dan mudah ditangkap oleh David de Gea.

Eto’o membuat seisi stadion bergemuruh pada menit ke-17. Menggiring bola di sisi kiri pertahanan MU, dia mengecoh Phil Jones dan kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola tembakan Eto’o sempat berubah arah karena mengenai kaki Michael Carrick sebelum menghunjam gawang De Gea.

MU mencoba membalas ketika pertandingan memasuki menit ke-28. Patrice Evra yang naik membantu serangan melepaskan tembakan, tapi hanya menerpa sisi luar jala gawang Chelsea.

Peluang lainnya diperoleh Welbeck pada menit ke-38. Usai menerima umpan dari Adnan Januzaj, dia yang berada di mulut gawang menembak dan Cech dengan mudah menangkap bola. Welbeck mengajukan klaim penalti karena merasa dilanggar Cesar Azpilicueta saat menembak. Tapi, wasit mengabaikannya.

Oscar nyaris mencetak gol indah pada menit ke-42. Dia menyambut umpan Eto’o dengan overhead kick akrobatik, tapi tembakannya tak mengarah ke gawang.

Chelsea menggandakan keunggulannya tiga menit kemudian melalui gol kedua Eto’o. Ramires yang menguasai bola di depan kotak penalti MU mengirim umpan ke Gary Cahill di sisi kanan. Cahill lantas melepaskan umpan mendatar ke mulut gawang. Di sana ada Eto’o yang tak terkawal. Tanpa kesulitan, penyerang asal Kamerun itu menceploskan bola ke dalam gawang.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Chelsea sukses menambah gol. Berawal dari tendangan sudut Willian, bola ditanduk Cahill. De Gea masih bisa menghentikan bola hasil tandukan Cahill, tapi dia tak bisa berbuat banyak ketika Eto’o mencocor bola rebound ke dalam gawangnya.

MU memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit ke-78 melalui gol Chicharito. Gol ini diawali aksi Welbeck yang melakukan penetrasi ke kotak penalti Chelsea. Welbeck lantas memberikan bola kepada Jones, yang menyambutnya dengan sebuah tembakan. Chicharito berada di posisi yang tepat untuk meneruskan tembakan Jones ke dalam gawang.

DI injury time, MU kehilangan kaptennya, Nemanja Vidic. Vidic diganjar kartu merah langsung oleh wasit Phil Dowd karena melakukan pelanggaran keras terhadap Hazard. (JIBI/Solopos)

Susunan Pemain
Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Ramires, David Luiz; Willian, Oscar, Hazard; Eto’o

Manchester United: De Gea; Rafael, Evans, Vidic, Evra (Smalling 51′); Valencia, Carrick, Jones, Young; Januzaj, Welbeck.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya