SOLOPOS.COM - Striker Chelsea, Samuel Eto'o, melakukan selebrasi seusai melesakkan gol ketiganya ke gawang Manchester United di Stamford Bridge, London, Minggu (19/1/2014) malam WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Stefan Wermuth

Solopos.com, LONDON— Chelsea sukses mempecundangi Manchester United 3-1 dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Stamford Bridge, Minggu (19/1/2014) malam WIB. Striker asal Kamuern, Samuel Eto’o, tampil impresif, dengan melesakkan hattrick, untuk membawa kemenangan The Blues, julukan Chelsea.

Kemenangan ini tak membuat Chelsea beranjak dari posisi tiga klasemen. Meski demikian, The Blues terus menempel Manchester City dan Arsenal, yang menempati posisi dua dan tiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tambahan tiga poin membuat Chelsea mengemas 49 poin, atau tertinggal satu poin dari City, di posisi dua, dan Arsenal di urutan pertama, dengan nilai 51 poin.

Sama-sama menerapkan formasi 4-2-3-1, Chelsea justru tertekan lebih dulu dari tamunya, United. Penetrasi Setan Merah, julukan United, melalui Adnan Januzaj, Ashley Young dan Valencia, cukup membuat skuat besutan Jose Mourinho, kalang kabut di menit awal.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, Chelsea tetap tampil tenang. Alhasil, pada menit ke-17, aksi individu Eto’o mampu membuat Chelsea unggul. Sepakannya, seusai melakukan penetrasi, ke tiang jauh United gagal diantisipasi David de Gea.

United mencoba bangkit dari ketertinggalan. Sepanjang babak pertama, United pun lebih unggul penguasaan bola 55 persen berbanding 45 persen.

Namun, gawang United justru kembali kebobolan. Di akhir babak pertama, tepatnya menit ke-45, Eto’o kembali menceploskan gol. Kali ini gol diciptakan eks striker Inter Milan dan Anzhi itu seusai memanfaatkan umpan silang mendatar Gary Cahill dari sisi kanan pertahanan United.

Chelsea pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Memasukki babak kedua, Chelsea memegang kendali. Namun, The Blues tampaknya cukup nyaman dengan keunggulannya dan tak terburu-buru melakukan determinasi.

Meski demikian, Chelsea mampu kembali membuat keunggulan. Eto’o lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Hattrick-nya kali ini tercipta seusai memanfaatkan bola muntahan hasil tandukan Cahill, yang memanfaatkan sepak pojok Willian. Chelsea pun kian menenggelamkan United dengan kedudukan 3-0.

Keunggulan tiga gol tanpa balas tak membuat tekanan Chelsea berhenti. Beberapa kali tim London barat itu mencoba menambah keunggulan.

Di sisi lain, United mencoba keluar. Beberapa pemain bertipikal menyerang pun dimasukkan, salah satunya adalah Javier ‘Chicarito’ Hernandez.

Masuknya Hernandez cukup menghidupkan serangan United. Striker asal Meksiko ini pun mampu memberikan gol pemerkecil ketinggalan United di menit ke-77, seusai memanfaatkan umpan pendek Phil Jones di dalam kotak penalti Chelsea.

Mampu menjebol gawang Chelsea, United tampak lebih percaya diri. Di sisi lain, Chelsea mencoba mengamankan keunggulan dengan melakukan rotasi. Fernando Torres dimasukkan untuk menggantikan Eto’o di menit ke-79.

Sementara, pemain baru Nemanja Matic, melakukan debutnya kembali bersama Chelsea, dengan menggantikan Willian di menit ke-86.

Di masa injury time, United harus bermain dengan 10 pemain. Kapten Nemanja Vidic di kartu merah, menyusul pelanggaran kerasnya kepada Eden Hazard.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua kubu. Manajer Chelsea, Jose Mourinho, pun tersenyum puas dengan kemenangan 3-1 dari juara Liga Premier musim lalu.

Susunan pemain
Chelsea (4-2-3-1)
Cech, Ivanovic, Terry, Cahill, Azpilicueta; David Luiz, Ramires; Hazard, Oscar (Mikel 68’), Willian (Matic 86’); Eto’o (Torres 79’)

Manchester United (4-3-2-1)
De Gea; Rafael, Evans, Vidic (KM 90+1’), Evra (Smalling 51’) ; Valencia, Carrick, Jones; Young (Hernandez 56’), Januzaj; Welbeck

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya