SOLOPOS.COM - Para pemain Chelsea merayakan gol ketiganya ke gawang Rubin Kazan yang diciptakan Fernando Torres pada perempat final leg pertama Liga Europa di Stamford Bridge, London, Jumat (5/4/2013) dini hari WIB. Chelsea menang dengan skor cukup meyakinkan atas Rubin 3-1. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Chelsea merayakan gol ketiganya ke gawang Rubin Kazan yang diciptakan Fernando Torres pada perempat final leg pertama Liga Europa di Stamford Bridge, London, Jumat (5/4/2013) dini hari WIB. Chelsea menang dengan skor cukup meyakinkan atas Rubin 3-1. JIBI/SOLOPOS/Reuters


Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

LONDONChelsea meraih hasil mentereng kala menjamu Rubin Kazan pada perempat final leg pertama Liga Europa. The Blues, julukan Chelsea, menang dengan skor 3-1 di Stamford Bridge, London, Jumat (5/4/2013) dini hari WIB.

Ketiga gol Chelsea, dua di antaranya diborong Fernando Torres. Sedang, satu gol lainnya disumbangkan Victor Moses. Sementara, gol pemerkecil kedudukan Rubin diciptakan Bibras Natcho melalui titik putih.

Ekspedisi Mudik 2024

Hasil ini membuat Chelsea berada di atas angin dan memperbesar peluangnya lolos ke semifinal Liga Europa. The Blues tinggal membutuhkan hasil seri atau seandainya kalah tak kebobolan lebih dari tiga gol pada pertemuan kedua untuk memuluskan langkahnya ke babak empat besar. Leg kedua giliran Chelsea yang akan bertandang ke markas Rubin, 11 April mendatang.

Jalannya Pertandingan

Menjamu Rubin di Stamford Bridge, London, Jumat (5/4/2013) dini hari WIB, Chelsea kembali menggandalkan dua pemain veterannya, John Terry dan Frank Lampard. Sementara di posisi depan, manajer interim Chelsea, Rafael Benitez, menempatkan Fernando Torres sebagai striker tunggal. Striker berjuluk El Nino itu akan ditopang tiga gelandang serang, yakni Juan Mata, Benayoun dan Victor Moses.

Di sisi lain, Rubin menurunkan formasi 4-4-1-1 untuk menghalau serangan Chelsea. Di lini depan, Rubin tak akan memasang Salomon Rondo. Wakil Rusia ini akan mempercayakan Dyadyun sebagai striker tunggal bersama Eremenko, yang diplot sebagai penyerang lubang.

Chelsea langsung menggebrak sesaat setelah peluit kickoff dibunyikan wasit Italia, Gianluca Rocchi. The Blues, julukan Chelsea, menerapkan serangan dengan memanfaatkan lebar lapangan serta menggandalkan pergerakan sisi sayap.

Beberapa kali serangan dari sisi sayap The Blues melalui Moses maupun Benayoun sempat membahayakan pertahanan Rubin. Namun, serangan Chelsea buntu karena Rubin banyak menumpuk pemain di lini tengah dan belakang.

Pada menit ke-16, kebuntuan Chelsea terpecahkan melalui Torres. Meski tampil menggunakan pelindung wajah, striker asal Spanyol itu tampil mengkilap.

Torres mencetak gol setelah mendapat assist terukur David Luiz dari jarak jauh. Torres yang lolos dari pengawalan pemain belakang Rubin pun dengan cekatan menaklukan kiper Ryzhikov untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Chelsea.

Tertinggal 0-1, Rubin mencoba memberi respon. Pada menit ke-19, Natcho mendapat kesempatan mencetak gol melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Namun, upaya Nacho mampu digagalkan kiper Chelsea, Petr Cech.

Sempat mendapat tekanan, Chelsea kembali memegang kendali. Beberapa kali determinasi klub asal London, terutama dari Torres, berulangkali membahayakan gawang Rubin.

Pada menit ke-32, Chelsea mampu menggandakan keunggulan melalui Victor Moses. Gol bermula dari kemelut di depan gawang Rubin saat tandukan Torres mampu ditepis Ryzhikov. Namun, blok kiper Rubin itu kurang sempurna sehingga jatuh ke kaki pemain Chelsea, Bertrand. Wing bek muda Inggris itu meneruskan kepada Moses, yang langsung melepaskan tembakan first time untuk menggandakan keunggulan Chelsea.

Kebobolan dua gol membuat Rubin mulai berani keluar menyerang. Beberapa tekanan sempat dilancarkan The Tatary, julukan Rubin.

Upaya Rubin pun akhirnya menuai hasil di menit ke-41 saat wasit memberi hadiah penalti karena John Terry melakukan handsball di kotak terlarang. Natcho yang menjadi algojo pun tak menyia-.nyiakan kesempatan. Gelandang asal Israel ini pun dengan dingin menaklukan Cech untuk memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Gol Natcho membuat Chelsea tersengat. Namun, hingga babak pertama usai kedudukan tak berubah. Chelsea sementara memimpin dengan keunggulan 2-1.

Unggul tipis belum membuat Chelsea aman. Maklum, leg kedua giliran Chelsea yang bertandang ke markas Rubin, pekan depan. Seusai jeda, The Blues pun langsung mengambil inisiatif serangan. Pasukan London langsung membombardir pertahanan The Tartary.

Pada menit ke-48, Chelsea nyaris memperbesar keunggulan melalui sepakan Mata. Namun, tendangan Mata masih bisa digagalkan Ryzhikov.
Serangan Chelsea terus bergulir. Dominasi The Blues tak terbendung. Namun, upaya anak-anak London masih mampu digagalkan rapatnya pertahanan Rubin.

Di sisi lain, Rubin tak tinggal diam. Sesekali The Tartary mencoba melancarkan serangan balik. Meski demikian, hal itu hanya bertahan sesaat. Chelsea kembali mengambil alih permainan.

Pada menit ke-65, Benitez melakukan rotasi dengan memasukkan Eden Hazard untuk menggantikan Moses. Upaya ini cukup efektif dengan intesitas serangan Chelsea yang kian efektif seiring hadirnya tenaga baru.

Pada menit ke-70, Chelsea mampu memperbesar keunggulan melalui Torres. Il Nino mencetak gol keduanya melalui tandukan setelah memanfaatkan umpan crossing Mata dari sisi kanan pertahanan Rubin. Kedudukan pun berubah 3-1 untuk Chelsea.

Keunggulan 3-1 tak membuat Chelsea mengendurkan serangan. The Blues bahkan memasukkan tenaga baru, Oscar dan Marko Marin, menggantikan Mata dan Benayoun, untuk meningkatkan intensitas serangan.



Namun, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan, Chelsea tak mampu menambah keunggulan. Chelsea pun menutup laga dengan kemenangan 3-1.

Susunan Pemain :

CHELSEA (4-2-3-1)

Cech (Gk); David Luiz, Terry ©, Azpilicueta, Bertrand; Ramires, Lampard;  Benayoun (Marin 81’), Juan Mata (Oscar 77’), Moses (Hazard 65’); Torres

RUBIN KAZAN (4-4-1-1)

Ryzhikov (Gk); Sharonov ©, Caesar Navas, Ansaldi, Kaleshin; Kuzmin (Kazaev 81’), Sharonov, Orbaiz,  Gokdeniz, Natcho; R Eremenko; Dyadyun (Rondon 46’)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya