SOLOPOS.COM - Pelatih anyar Chelsea Graham Potter. (chelseafc.com)

Solopos.com, JAKARTAChelsea memilih Graham Potter menjadi pelatih kepala menggantikan Thomas Tuchel yang dipecat seusai laga Liga Champions melawan Dinamo Zagreb. Potter menandatangani kontrak lima tahun sebagai pelatih kepala tim London Barat dengan gaji fantastis.

Pemilik Chelsea, Todd Boehly, menemui Potter pada Rabu sore, hanya hitungan jam setelah memecat Tuchel. Dari pembicaraan itu, Potter dilaporkan telah memberikan persetujuannya secara lisan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada Kamis pagi, pembicaraan mereka berlanjut ke hal yang lebih detail terkait kontrak. Setelah semua beres, Chelsea mengurus kompensasi dengan Brighton.

Baca Juga: Dinamo Zagreb 1-0 Chelsea: Awal Buruk Aubameyang

Boehly saat ini merangkap sebagai direktur olahraga klub mengisi posisi yang sebelumnya dipegang Marina Granovskaia.  Potter dikontrak lima tahun dengan bayaran 12 juta pound sterling sekitar Rp206 miliar per tahun. Selain itu, dia akan diberi waktu dan sumber daya untuk membantu kerjanya di Stamford Bridge.

Chelsea membayar 15 juta pound sterling (Rp258 miliar) sebagai kompensasi kepada Brighton untuk Potter dan staf pendukungnya.

Menurut The Telegraph, Boehly berencana mundur dari posisinya sebagai direktur olahraga sementara begitu klub mengidentifikasi kandidat yang disukai untuk peran tersebut.  Potter yang berkembang pesat di bawah struktur serupa di Brighton, akan mempunyai suara besar dalam menentukan siapa yang akan dipilih untuk posisi direktur olahraga klub.

Baca Juga: Chelsea Pecat Tuchel seusai Dikalahkan Dinamo Zagreb

The Blues sangat ingin mendapatkan orang yang cocok menjadi direktur olahraga sebelum jeda Liga Inggris untuk Piala Dunia November guna memastikan bahwa kandidat yang dipilih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan jendela transfer Januari.

Kyle Macaulay, ahli perekrutan yang telah bersamanya sejak di Ostersunds, ikut pindah dari Brighton ke Chelsea. Dia juga akan membantu perencanaan Chelsea pada Tahun Baru nanti.

Asisten Potter, Billy Reid, juga pindah ke Stamford Bridge, bersama dengan pelatih Bjorn Hamberg dan Bruno, serta pelatih kiper Ben Roberts.

Baca Juga: Inggris Berkabung, Liga Premier Akhir Pekan Ini Ditunda

Boehly mengaku senang mendapatkan Potter. Pengusaha Amerika Serikat itu menggambarkan pelatih Inggris berusia 47 tahun itu sebagai inovator.

“Kami sangat senang membawa Graham ke Chelsea. Dia adalah perlatih yang telah terbukti dan inovator di Liga Premier yang sesuai dengan visi kami untuk klub,” kata Boehly setelah memastikan penunjukan Potter.

“Tidak hanya berbakat di lapangan, dia memiliki keahlian dan kemampuan lebih dari di lapangan yang akan membuat Chelsea menjadi klub yang lebih sukses. Dia memiliki dampak besar di klub sebelumnya dan kami menantikan dampak positif dari dia di Chelsea.”

Baca Juga: Graham Potter Pelatih Anyar Chelsea

“Kami berharap dapat mendukungnya, tim pelatihnya, dan skuatnya dalam mewujudkan potensi penuh mereka dalam beberapa bulan dan beberapa tahun mendatang,” tutur Boehly.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Dikontrak Chelsea Lima Tahun, Potter Bakal Terima Gaji Fantastis

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya