Chavez rebut pengawasan perusahaan gas AS

CARACAS: Presiden Venezuela Hugo Chavez, Kamis (22/5) menyampaikan kampanye untuk merebut industri energi negaranya dari kepentingan luar, yang ditandai dengan keberhasilan merebut fasilitas gas Amerika yang diambil alih oleh pemerintah Venezuela awal bulan ini.

Negara produsen energi terbesar Amerika Latin itu mengumumkan pihaknya akan mengambil alih operasional Williams pada Mei ini, pada saat pemerintah Chavez mengambil alih aset-aset 60 perusahaan minyak milik lokal dan asing.

Langkah tersebut merupakan implementasi peraturan yang diterbitkan oleh Majelis Nasional pada 8 Mei lalu, yang memperluas pengawasan negara itu terhadap semua aktivitas yang terkait dengan industri energi.

Peraturan tersebutmeliputi "cadangan untuk negara, barang-barang dan jasa yang berhubungan dengan berbagai aktivitas hydrokarbon dasar," juga memberikan hak hukum ekslusif atas pengadilan lokal untuk menyelesaikan perselisihan antara perusahaan negara dan swasta, perlindungan negara dari arbitrasi internasional.

Setelah penerbitan undang-undang, pemerintah mengumumkan  para kontraktor swasta yang menangani sumur-sumur, para pekerja transportasi dan penyediaan layanan lain akan diambil alih oleh perusahaan milik pemerintah Petroleos de Venezuela (PDVSA). (Antara/AFP)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom