SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pindah Data Riwayat Pesan WhatsApp. (Gambar: blog.google.com)

Solopos.com, SOLO – Kabar gembira disampaikan Android, pengguna iPhone kini bisa memindahkan chat history atau riwayat obrolan WhatsApp dari iPhone. Android bekerjasama dengan WhatsApp untuk memfasilitasi migrasi data hanya menggunakan bantuan kabel USB-C.

Kabat tersebut diumumkan Android, Selasa (26/10/2021). “Yang Anda butuhkan hanyalah kabel USB-C ke Lightning untuk memulai. Cukup sambungkan ponsel Anda, dan ketika diminta saat menyiapkan perangkat Android baru Anda, pindai kode QR di iPhone Anda untuk meluncurkan WhatsApp dan pindahkan semua percakapan, media, dan lainnya ke perangkat baru anda,” tulis Android melalui laman blog Google.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Smartphone Sadis, Sony Xperia Pro-I Seharga Rp25 Jutaan Dirilis

Yang perlu dicatat, migrasi data ini difasilitaisi melalui sistem operasi Android 12 yang diluncurkan belum lama ini. Dengan izin pengguna, Android bakal secara otomatis mencocokkan dan melakukan pemasangan aplikasi yang sama dari Google Play.

Catatan wajib ke dua adalah Android baru memfasilitasi kemampuan transfer tersebut untuk perangkat Samsung Galaxy. Ponsel berikutnya yang bisa menerima transfer data tersebut adalah seluruh produk Google Pixel.

Bahkan selain riwayat obrolan di aplikasi WhatsApp, fitur ini juga memungkinkan memigrasikan riwayat SMS dan iMessage lainnya. Juga termasuk foto, video, kontak, kalender dan lainnya.

Baca Juga: Curang, 2 Add-on Diblokir Mozila Firefox

Kerjasama dengan WhatsApp yang tertulis di atas memang secara spesifik disampaikan Android diurai. Semua dirancanng untuk memudahkan peralihan pengguna iPhone ke smartphone Android.

Android menjamin data tetap terlindungi selama proses transfer. Dan, dipastikan tidak ada yang bisa mengakses informasi dan file WhatsApp pengguna saat transfer data dilakukan, termasuk pesan baru di perangkat lama.

Baca Juga: 7 Juta Lebih Anak Muda Alami Pelecehan di Game Online

“Riwayat obrolan WhatsApp Anda hanya akan disalin dari iPhone ke ponsel Android baru Anda, dan kami akan secara otomatis memastikan Anda tidak menerima pesan baru di perangkat lama saat transfer sedang berlangsung,” tulis Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya