SOLOPOS.COM - Ilustrasi (chinadaily.com)

Ilustrasi (chinadaily.com)

SOLO — Produsen televisi raksasa asal China, Changhong, siap bersaing di pasar Smart TV dengan merilis Changhong A7000.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sales Director Changhong Indonesia, Tjun Liang Hasan, mengatakan Changhong pun siap bersaing dengan Smart TV milik Samsung sekalipun. Tidak hanya bersaing soal harga saja, Changhong mengklaim akan memiliki kualitas yang mendekati brand ternama asal Korea tersebut.

Menurut Tjun Liang, Changhong optimistis bisa bersaing dengan produk Smart TV Samsung karena potensi konsumen pasar Indonesia yang besar dan semakin pintarnya masyarakat mengadopsi tren teknologi televisi di masa kini. Untuk itu, Tjun Liang membeberkan akan memberi harga produk Smart TV Changhong lebih murah 10% hingga 20% dari produk Samsung, namun memiliki kualitas 90% atau bahkan sama dengan kualitas yang dimiliki produk Samsung.

“Produk Smart TV Changhong A7000 bisa diperoleh konsumen Indonesia menjelang akhir November nanti,” kata Tjun, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (14/11/2012). Target produksi Changhong A7000 mencapai 1.000 unit hingga 2.000 unit per bulan. Dari produksi ini, pihaknya menargetkan kontribusi pendapatan produk Smart TV sekitar 10% dari total penjualan produk elektronik Changhong dalam waktu tiga bulan pertama setelah produknya dilepas di pasaran.

Meskipun Tjun tidak menyebutkan angka secara total, pihaknya memberikan gambaran soal target tersebut. “Harga Smart TV Changhong seri A7000 ukuran 42 inchi akan kami jual Rp6 juta hingga Rp7 juta per unit, sedangkan smart TV ukuran 55 inchi sekitar Rp18 juta per unit, jika target produksinya mencapai 1.000 – 2.000 unit per bulan, bisa dihitung target kami,” kata Tjun.

Untuk mencapai target produksi tersebut, Tjun Liang menetapkan strategi penjualan dengan memperkuat modern channel elektronik seperti Hartono Elektronik di Surabaya dan Electronic Solution di beberapa kota di Indonesia, serta diler-diler resminya. Ke depan, jaringan distribusi tidak hanya modern channel elektronik tetapi menjalin bisnis dengan memasarkan produk Changhong hingga ke hypermarket di seluruh Indonesia seperti Carrefour, Giant, atau Hypermart.

Strategi Changhong dalam memperkuat penjualan Smart TV di Indonesia sepertinya menjadi langkah yang tepat. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh lembaga survei konsumer elektronik, NDP DisplaySearch, akhir kuartal pertama 2012, jumlah produksi Smart TV mengalami penetrasi yang luar biasa, yakni mencapai 20% dari total output industri televisi.

Dari gambaran tersebut, Sales Vice Director Changhong Indonesia, Djonni Sofian, menyampaikan animo itu yang membuat produksi Smart TV Changhong di seluruh dunia mencapai 35% dari jumlah produksi TV untuk semua tipe yang mencapai 7 juta unit pada 2011. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2012 dari target yang diperkirakan 10 juta unit untuk semua tipe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya