SOLOPOS.COM - Situasi arus lalu lintas di Jl Pemuda, Klaten, yang akan dipakai menggelar car free night sebulan sekali mulai Sabtu (11/2/2023). (Dok Solopos)

Solopos.com, KLATEN – Car free night atau CFN di sepanjang Jl Pemuda, Klaten, bakal digelar sebulan sekali mulai Sabtu (11/2/2023) malam. Warga serta pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu diwanti-wanti untuk menjaga kebersihan sepanjang Jl Pemuda selama CFN digelar.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan CFN rencananya digelar di sepanjang Jl Pemuda antara simpang lima Plasa Klaten hingga simpang empat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim) atau Penyet Suroboyo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mulyani menjelaskan para PKL tak perlu mendaftar untuk menempati ruang yang disediakan di sisi timur Jl Pemuda guna berjualan selama CFN digelar. Namun, mereka diminta untuk menjaga estetika serta kebersihan jalan.

“Jalan jangan digunakan semua [untuk berjualan]. Mereka harus menggunakan lapaknya di jalur lambat. Makan dan jalannya bisa di jalur utama,” kata Mulyani saat ditemui di gedung Paripurna DPRD Klaten, Senin (6/2/2023).

Selain memperhatikan lokasi jualan agar tak mengganggu ruang pejalan kaki, para pedagang termasuk warga yang berdatangan ke CFN di Jl Pemuda, Klaten, diminta menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

“Kami sudah mewadahi dengan memberikan panggung kepada UMKM terutama kuliner. Saya mohon betul, para pedagang ketika berjualan membawa tempat sampah sendiri dan sampah dibuang di tempatnya. Sampah yang sudah terkumpul bisa dibawa pulang. Pengunjung juga menjaga kebersihan. Jangan sampai buang sampah sembarangan,” urainya.

Mulyani menjelaskan menjaga kebersihan tersebut menjadi tugas berbagai pihak, termasuk para pedagang dan pengunjung. Kebersihan bakal menjadi salah satu bahan evaluasi pada penyelenggaraan CFN pada akhir pekan ini.

Kebersihan Tanggung Jawab Bersama

“Kalau tidak [menjaga kebersihan], nanti saya evaluasi tidak akan saya selenggarakan lagi. Saya tegaskan soal itu karena menjaga kebersihan itu menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya petugas DLH [Dinas Lingkungan Hidup]. Budaya seperti itu [membuang sampah sembarangan] harus ditinggalkan,” kata Mulyani.

Sebelumnya, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, menjelaskan sesuai rencana CFN digelar di sepanjang Jl Pemuda antara simpang lima Plasa Klaten hingga simpang empat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim). CFN dibuka pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

“Nanti akan diresmikan oleh Bu Bupati pada Sabtu [11/2/2023] malam. Rencananya dirutinkan setiap pekan kedua, sekali dalam sebulan,” kata Yoga.

Kegiatan itu digelar untuk memfasilitasi pelaku UMKM di Klaten serta menjadi tempat hiburan warga Kabupaten Bersinar. “Tujuannya memfasilitasi UMKM dan masyarakat supaya ada pergerakan perekonomian. Selain itu untuk meramaikan kawasan perkotaan,” jelas dia.

Terkait para pelaku usaha pertokoan di sepanjang ruas Jl Pemuda yang bakal digunakan untuk CFN, Yoga menjelaskan Pemkab segera memberikan sosialisasi ihwal rencana itu. “Kami berharap dari para pelaku usaha bisa memahami dan bekerja sama. Tujuan dari kegiatan ini untuk menggerakkan UKM di Klaten,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya