SOLOPOS.COM - Jl. Mayor Kusmanto di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Car Free Day (CFD) di Jl Mayor Kusmanto Klaten yang biasanya digelar pada Minggu pagi digeser jadi Sabtu sore mulai besok, Sabtu (1/4/2023). Hal ini berlangsung saat Ramadan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan ruas Jl Mayor Kusmanto yang digunakan untuk kegiatan CFD Sabtu sore sama dengan CFD saban Minggu pagi. Lokasinya antara ruas jalan antara simpang empat Pandanrejo, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, sampai simpang lima Bramen, Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksanaan CFD Sabtu sore dibuka pukul 15.00 WIB-18.30 WIB. “Rekayasa lalu lintas sama seperti saat CFD biasanya,” kata Supriyono saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (31/3/2023).

Ruas Jl Mayor Kusmanto, Klaten, antara Pandanrejo hingga Bramen ditutup selama CFD digelar Sabtu sore. Arus lalu lintas dari arah Jogja menuju ke Solo lurus di Jl Andalas menuju Jl Wahidin Sudirohusodo dan menyambung ke ruas Jl Veteran.

Sementara kendaraan dari arah Jatinom atau Ngawen yang menuju ke Jl Mayor Kusmanto dialihkan melewati ruas Jl Wahidin Sudirohusodo. Untuk kantong-kantong parkir kendaraan pengunjung CFD disediakan di gang pintu masuk ke Jl Mayor Kusmanto serta sekitar kawasan Pandanrejo dan Bramen.

Kawasan Jl Mayor Kusmanto pada sore hari menjadi salah satu sentra kuliner di Klaten. Selain warung kaki lima termasuk Sop Ayam Pak Min, di ruas jalan itu ada warung makan, kafe, serta restoran yang menawarkan beragam kuliner serta cocok menjadi tempat nongkrong.

Terbaru di kawasan itu ada Taman Kuliner di kompleks Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten yang juga menarik menjadi tempat nongkrong. Selain selter kuliner, di tempat itu dilengkapi taman dan terdapat beberapa spot instagramable.

Ngabuburit Sembari Berburu Takjil

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan bergesernya jam dan hari pelaksanaan CFD jadi Sabtu sore selama Ramadan untuk mendukung para pelaku UMKM. Sebagai informasi, saban CFD digelar ratusan pedagang memenuhi sepanjang tepi Jl Mayor Kusmanto.

“CFD digeser waktunya biar para pedagang terutama pedagang kuliner tetap bisa memperoleh pendapatan. Pergeseran ini hanya selama di Bulan Suci Ramadan saja.”

Agar tak sepi selama Ramadan, waktu pelaksanaan CFD dialihkan jadi sore atau menjelang waktu berbuka puasa. Dengan begitu, kawasan CFD bisa sekaligus menjadi tempat ngabuburit sembari berburu takjil.

“CFD digeser waktunya biar para pedagang terutama pedagang kuliner tetap bisa memperoleh pendapatan. Pergeseran ini hanya selama di Bulan Suci Ramadan saja,” kata Mulyani.

Di sisi lain, pelaksanaan Car Free Night (CFN) Jl Pemuda yang biasanya digelar sekali dalam sebulan setiap pekan kedua pada Ramadan ini ditiadakan. Salah satu pertimbangannya agar tak mengganggu warga yang melaksanakan Salat Tarawih.

Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, juga menjelaskan CFN ditiadakan dan waktu pelaksanaan CFD digeser pada Sabtu sore khusus selama Ramadan.

Pelaksanaan CFD pada Sabtu sore berkolaborasi dengan kegiatan DKUKMP di Taman Kuliner dengan menggelar hiburan musik. “Harapannya CFD saat sore ini bisa ramai dan mendukung pedagang di Taman Kuliner,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya