Ribuan orang memadati arena CFD di Jl. Pahlawan Kota Madiun, Minggu (21/7/2019). (Abdul Jalil-Madiunpos.com)

Madiunpos.com, MADIUN -- Para pedagang di area car free day (CFD) Jl. Pahlawan Kota Madiun hanya bisa pasrah atas keputusan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun untuk memindah mereka ke Taman Lalu Lintas Bantaran.

Mereka hanya berharap di tempat baru pengunjung bisa sebanyak di CFD Jl. Pahlawan. Pantauan Madiunpos.com di Jl. Pahlawan, Minggu (21/7/2019), ribuan orang berjalan-jalan di lokasi tersebut. Mereka juga memenuhi lokasi ratusan pedagang di area bebas kendaraan bermotor itu.

Seorang pedagang di CFD, Vivi, mengatakan pasrah atas keputusan dari pemkot tersebut. Dia menilai lokasi CFD di Jl. Pahlawan lebih strategis dibandingkan lokasi sunday market di Taman Lalu Lintas Bantaran Madiun.

"Ya pasti lebih strategis sini lah. Kalau nanti di sana [Taman Bantaran], orang yang datang ke sana ya pasti emang niat banget untuk mendatangi sunday market. Kalau di Jl. Pahlawan ini kan lebih strategis, kan kadang ada warga yang iseng lewat terus mampir. Di sini juga ada penghuni hotel yang mampir," kata dia.

Vivi mengaku pedagang tidak bisa berbuat banyak atas kebijakan tersebut. Ia pun belum mengetahui nantinya di lokasi yang baru akan seperti apa. Satu hal yang jelas, Vivi mengatakan para pedagang harus beradaptasi terlebih dahulu. "Kemungkinan tiga bulan baru bisa ramai," ujar dia.

Pedagang lain, Yudi, menyampaikan dirinya hanya mengikuti kebijakan dari Pemkot Madiun. Pada 4 Agustus mendatang, ia harus boyong ke Taman Bantaran.

Dia mengaku sudah berjualan di CFD Jl. Pahlawan sejak pertama dibuka. Saat itu, kondisi di CFD ini masih sepi. "Kalau dipindah nanti ya harapannya supaya ramai," jelas warga Taman ini.

Pedagang jajanan di CFD, Andik, berharap pemerintah bisa menggelar kegiatan rutin setiap Minggu di area sunday market Taman Bantaran. Hal ini supaya masyarakat mau berdatangan dan berkunjung ke lokasi itu.

Dia menuturkan sebenarnya di Taman Bantaran potensinya bagus karena pedagang bisa lebih lama berjualan. Namun, perlu ada promosi yang lebih besar supaya nantinya para pengunjung bisa ke sana. "Kalau saya ikut saja, soalnya ini sudah jadi keputusan pemerintah," kata warga Kaibon, Kabupaten Madiun itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Madiun akan menutup agenda CFD yang rutin diselenggarakan di Jl. Pahlawan setiap Minggu. Kegiatan itu akan dipindah ke Taman Lalu Lintas Bantaran dengan perubahan nama menjadi Sunday Market. Para pedagang wajib pindah ke Taman Bantaran mulai 4 Agustus 2019.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten