SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di sepanjang ruas Jl Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah, Rabu (1/6/2022). Ruas jalan itu direncanakan menjadi lokasi alternatif sementara untuk menggelar CFD Klaten. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Rencana car free day (CFD) di ruas Jl. Mayor Kusmanto, Klaten terus bergulir. CFD di Jl. Mayor Kusmanto bakal digelar di sepanjang ruas Jl. Mayor Kusmanto dari Tugu Punakawan, Pandanrejo hingga Tugu Pandawa, Bramen.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan CFD Jl. Mayor Kusmanto digelar saban Minggu mulai, Minggu (3/7/2022). Ruas jalan tersebut ditutup untuk lalu lalang kendaraan bermotor saban Minggu mulai pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait penempatan pedagang, Supriyono menjelaskan lokasi yang bisa dimanfaatkan bagi para pedagang, yakni di trotoar yang luas. Sementara, badan jalan steril dari PKL.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk penempatan pedagang nanti kuliner dan nonkuliner nanti ditempatkan terpisah pada trotoar,” kata Supriyono saat ditemui di Pemkab Klaten pekan lalu.

Terkait pengalihan arus lalu lintas selama CFD digelar, Supriyono menjelaskan arus lalu lintas dialihkan ke ruas Jl. Andalas atau ke arah SMPN 1 Klaten/SMPN 6 Klaten. Sementara, kantong parkir di pintu-pintu masuk menuju Jl. Mayor Kusmanto yang menjadi area CFD.

Baca Juga: Pindah Lur! CFD Klaten Tidak di Jl. Pemuda Lagi, Tapi Geser ke Sini…

CFD Klaten ditutup selama lebih dari dua tahun terakhir lantaran pandemi Covid-19. Seiring melandainya kasus Covid-19, CFD kembali digelar.
Namun, lokasinya untuk sementara tidak di sepanjang ruas Jl. Pemuda menyusul ada rencana penataan Alun-alun Klaten tahun ini.

Pemkab memutuskan CFD dipindahkan sementara ke ruas Jl. Mayor Kusmanto. Ruas jalan tersebut dinilai memenuhi syarat sebagai lokasi sementara menggelar CFD, salah satunya lantaran masih berada di dalam kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya