SOLOPOS.COM - Pedagang kali lima (PKL) CFD Colomadu, Karangnyar melakukan registrasi dan pengambilan kartu PKL di Kantor Kecamatan Colomadu, Kabupaten, Karanganyar, Jumat (23/9/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Car free day (CFD) perdana di Jl Adisucipto di wilayah Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, akan dimulai Minggu, (25/9/2022) pukul 06.00-09.00 WIB.

Antusiasme masyarakat dalam menyambut hari tanpa kendaraan bermotor tersebut cukup tinggi. Setidaknya tercermin dari jumlah UMKM/pedagang kaki lima (PKL) yang ingin membuka usaha mereka di sepanjang area CFD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada harapan besar bahwa CFD Colomadu ini seramai CFD di Solo. Di CFD Colomadu masyarakat dari wilayah Colomadu dan daerah tetangga seperti Solo, Sukoharjo, dan Boyolali diprediksi akan berbondong-bondong datang baik untuk berolahraga atau sekadar jalan-jalan.

Lebih jauh, CFD Colomadu didesain bukan hanya sekali waktu kegiatan, namun berkelanjutan di pekan-pekan berikutnya. Artinya, CFD Colomadu harus selalu menarik sehingga orang akan selalu datang.

Salah satunya cara untuk menarik masyarakat adalah dengan mengadakan events. “CFD Colomadu ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan ekonomi warga kami. UMKM atau PKL kami bisa terwadahi di sana. Tetapi harapan kami, CFD ini juga harus berkelanjutan sehingga harus menarik. Perlu event untuk mendatangkan orang. Supaya CFD tetap bisa ramai setiap pekannya. Tapi tentu CFD ini akan selalu dievaluasi,” ujar Kepala Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Parjoko.

Baca Juga: Sudah Ditutup, Masih Banyak yang Ingin Daftar Berjualan di CFD Colomadu

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono, sepakat bila salah satu daya tarik lain masyarakat untuk datang ke CFD adalah event, atraksi, pameran, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, ia membuka kesempatan kepada masyarakat untuk meramaikan CFD Colomadu dengan kegiatan mereka. “Kami sudah sampaikan kepada pihak Kecamatan Colomadu selaku panitia penyelenggara CFD untuk mengadakan event-event supaya CFD tetap menarik. Dan kepada masyarakat khususnya di Colomadu, silakan bikin event yang bagus, yang dapat mendatangkan banyak orang,” ujarnya.

Seperti diberitakan, CFD akan berlangsung tiga jam mulai pukul 06.00 WIB. Area CFD akan membentang sepanjang 3,4 kilometer mulai dari simpang empat Colomadu hingga simpang tiga The Alana Hotel and Convention Center. Masing-masing PKL akan mendapat plot lahan untuk berjualan sepanjang 3 meter.

Baca Juga: Satu Nama hanya Boleh Punya Satu Lapak PKL di CFD Colomadu  

CFD dibagi menjadi 4 zona. Zona I adalah simpang empat Colomadu sampai Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumber Daya Masyarakat [PPRBM]. Zona II, PBRBM sampai International Hotel Management School [IHS].

Zona III, IHS sampai Lorin Solo Hotel, dan Zona IV Lorin sampai The Alana Hotel and Convention Center. Di setiap batas zona ada jalan, kendaraan bisa menyeberang di situ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya