Cetak SDM Unggul Bidang Hulu Migas, Ini yang Dilakukan PHE dan STP

Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Solo Techno Park (STP) melakukan kerja sama dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggulan di bidang hulu migas.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), disaksikan jajaran pimpinan PT Pertamina, PT PHE, SKK Migas dan STP, memukul gong menandai peresmian Pelatihan Oil and Gas Skill Centre of Indonesia STP-PHE, di STP, Senin (26/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), disaksikan jajaran pimpinan PT Pertamina, PT PHE, SKK Migas dan STP, memukul gong menandai peresmian Pelatihan Oil and Gas Skill Centre of Indonesia STP-PHE, di STP, Senin (26/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Solo Techno Park (STP) melakukan kerja sama dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggulan di bidang hulu migas.

Pelatihan Oil and Gas Skill Centre of Indonesia STP-PHE tersebut diresmikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di STP, Senin (26/9/2022).

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT PHE, Oto Gurnita, menyampaikan kerjasa sama tersebut dilakukan ebagai salah satu upaya untuk menyongsong tantangan ke depan yang dihadapi industri hulu migas, khususnya di PT PHE.

“Sebagai wujud menyongsong tantangan ke depan kami terus menyiapkan segalanya, termasuk talenttalent,” kata dia dalam sambutannya, Senin. Dia berharap kerja sama tersebut dapat berjalan lancar dan semakin harmonis.

Direktur SDM PT Pertamina (Persero), M. Erry Sugiharto, berharap kerja sama tersebut akan mencetak SDM yang memiliki semangat tinggi serta memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Baca Juga: Pertamina Uji Coba Batasi Pembelian Pertalite, 120 Liter per Mobil per Hari

Dia menyampaikan tantangan di dunia usaha khususnya bisnis sektor hulu migas masih dibayangi dengan pandemi Covid-19, peperangan antara Rusia dan Ukraina serta distrubsi disrupsi ekonomi global. Dimana hal itu berpengaruh terhadap dunia usaha khususnya industri hulu migas termausk Pertamina.

“Pertamina sebagai agen pembangunan yang turut menjadi katalisator, lokomotif perekonomian negara, perlu memastikan bahwa keberlanjutan bisnis perusahaan harus tetap terjaga untuk memastikan ketahanan dan kehandalan energi nasional,” kata dia.  Terlebih melihat kompleksitas PT Pertamina yang bergerak mulai hulu hingga hilir. Hal ini menuntut Pertamina harus menyiapkan talenta di seluruh perimeter wilayah operasi Pertamina.

Di sisi lain, sambungnya, PHE memiliki visi besar yakni menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia. “Manajemen meyakini dengan menyiapkan SDM unggul akan dapat menjawab tantangan itu. Salah satu strategi perusahaan untuk pencapaian itu adalah melakukan profiling antara kebutuhan pekerja dengan kebutuhan bisnis sehingga gap kompetensi bisa diidentifikasi dan selanjutnya disiapkan program pengembangannya dan tentunya harus tepat,” jelas dia.

Menurutnya, salah satu drive thru untuk mendapatkan output sesuai target yang diharapkan adalah melalui perjanjian yang dilakukan hari itu antara PHE dan STP. “Kami berharap kehadiran STP bisa menjadi wadah menciptakan perwira Pertamina menjadi global talent,” kata dia.

Baca Juga: Ini 5 Kilang Minyak di Indonesia, Cilacap Terbesar

Sementara itu Pemimpin STP, Yudit Cahyantoro, mengatakan saat ini di dalam kawasan STP terdapat klaster manufaktur yang salah satunya pelatihan vokasi di bidang manufaktur Oil and Gas Skill Center of Indonesia. Dia menyebut, STP memiliki komitmen mengembangkan industri hulu migas yang saat ini juga didukung SKK Migas dan K3S seluruh Indonesia.

“Pertamina adalah salah satu mitra yang bekerja sama dengan STP untuk melatih pekerja mereka di Oil and Gas Skill Center of Indonesia di STP. Kerja sama berlangsung 1 tahun dengan jumlah siswa yang akan dilatih di STP sejumlah 216 siswa dari 16 bidang keahlian yang ada di bidang hulu migas. Angkatan pertama jalan mulai hari ini dengan 16 orang,” kata dia.

Para peserta pelatihan adalah lulusan SMK/SMA yang dididik di bidang tertentu terkait hulu migas untuk ditempatkan di Pertamina.

“Harapannya dengan kerja sama ini semakin banyak lulusan SMK dan SMA yang terserap di industri hulu migas. Jadi kami melatih, mensertifikasi dan menyalurkan,” jelas dia.

Dia menyebutkan kerja sama tersebut merupakan kerja sama di tahun pertama. Diharapkan ke depan dapat berlangsung secara produktif dan menghasilkan talenta-talenta yang bisa eksis di industri hulu migas.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Unik! Ada Pohon Natal Terbuat dari Produk UMKM di Harris Pop! Hotel Solo

      Harris Pop! Hotel Solo mendirikan tiga pohon natal dengan konsep unik untuk menyambut perayaan natal tahun 2022.

      Apartemen Meikarta Kembali Bermasalah, Pengembang Buka Suara

      PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) selaku pengembang Apartemen Meikarta yang dianggap bermasalah oleh konsumen akhirnya buka suara.

      OJK Terbitkan Ketentuan Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR dan BPRS

      OJK menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 23/2022 tentang Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR dan Batas Maksimum Penyaluran Dana BPRS.

      Jelang Akhir Tahun Harga Pangan Cenderung Naik, Minyak dan Gula Pasir Melejit

      Harga sejumlah komoditas pangan terpantau naik pada Jumat (9/12/2022) hari ini, terutama untuk minyak goreng dan gula pasir.

      Proyek Meikarta Diduga Bermasalah, Ratusan Konsumen Tuntut Pengembalian Dana

      Proyek apartemen Meikarta yang dibangun oleh PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) diduga bermasalah.

      Melejit Jelang Akhir Pekan! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 9 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Rabu (6/12/2022) hari ini, terpantau turun untuk Antam dan cetakan UBS.

      Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Duo Hartono Kokoh di Puncak

      Pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara masih kokoh menempati posisi puncak dengan akumulasi kekayaan yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

      IHSG Diprediksi Bisa Rebound, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan rebound ke level 6.860-6.880 pada perdagangan Jumat (9/12/2022) ini.

      Sambut Akhir Pekan, Berikut Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Jumat (9/12/2022).

      Begini Roadmap dan Peran MIND ID dalam Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

      Holding BUMN bidang pertambangan, MIND ID, terlibat dalam pengembangan mobil listrik sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi.

      RUU PPSK Atur Soal Bank Emas, Pengawasan di Bawah OJK

      Pemerintah dan DPR telah menyepakati dan menandatangani Rancangan Undang-undang terkait Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) atau omnibus law keuangan pada hari ini, Kamis (8/12/2022).

      Dorong Pemeratan Pembangunan, Jateng Butuh Tiga Poros Kawasan Ekonomi

      Butuh beberapa upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah (Jateng). Salah satunya upaya itu adalah dengan membentuk tiga poros kawasan ekonomi untuk pemerataan pembangunan.

      RUU PPSK Diteken, Dewan Komisioner OJK Bertambah Jadi 11 Anggota

      RUU PPSK yang sudah diteken pemerintah dan DPR mengatur tentang penambahan dua pekerjaan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) menjadi 11 anggota.

      Kabupaten Blora Simpan Banyak Potensi Investasi, Migas hingga Mal

      Blora mejadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang kini juga tengah menggenjot pertumbuhan ekonominya melalui sektor investasi.

      Tok! RUU PPSK Resmi Diteken Pemerintah dan DPR

      Pemerintah dan panitia kerja Komisi XI DPR RI telah menyepakati dan menandatangani Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor (RUU PPSK) untuk selanjutnya dibawa ke tingkat II dalam Rapat Paripurna.