SOLOPOS.COM - GOL -- Antonio Cassano (kedua dari kiri) saat mencetak gol ke gawang Irlandia. Penggunaan tambahan asisten wasit untuk mengawasi garis gol dinilai cukup membantu saat ada gol yang kurang jelas terlihat. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

GOL -- Antonio Cassano (kedua dari kiri) saat mencetak gol ke gawang Irlandia. Penggunaan tambahan asisten wasit untuk mengawasi garis gol dinilai cukup membantu saat ada gol yang kurang jelas terlihat. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

POZNAN –Kebijakan UEFA menambah asisten wasit untuk mengawasi garis batas gol saat pertandingan putaran final Euro 2012 kali ini dipuji pelatih Italia, Cesare Prandelli. Pujian ini sepertinya terlontar lantaran Prandelli merasa timnya diuntungkan oleh keberadaan asisten tambahan itu, saat mereka menang 2-0 atas Republik Irlandia untuk lolos ke babak perempat final.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Prandelli mengakui, gol pertama timnya di pertandingan terakhir Grup C itu mungkin bakal dianulir seandainya para asisten wasit tambahan pengawas garis gol itu tak ada. “Kalau tak ada tambahan pengawas itu, mungkin gol kami tak diakui. Saya sudah lihat banyak contoh di mana bola sebenarnya sudah melewati garis batas gol, namun golnya tetap dianulir,” ujarnya.

Saat pertandingan melawan Irlandia itu, bola hasil tandukan Antonio Cassano melewati garis gol di gawang sebelum kemudian disapu keluar oleh Damien Duff. Jika dilihat dari jauh, gol itu tidak terlalu jelas.

Penerapan tambahan asisten wasit ini adalah langkah UEFA menanggapi rencana FIFA menerapkan teknologi pemantauan garis gol. Rencana penggunaan teknologi itu selama ini ditentang Presiden UEFA Michel Platini. FIFA masih terus melakukan uji coba untuk memastikan teknologi baru pemantauan itu efektif dan bisa dipercaya, merujuk pada pemanfaatan teknologi pada olahraga-olahraga lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya