Tutup Iklan
Pertandingan leg pertama Babak 8 Besar Liga Champions 2018-2019 antara Ajax dan Juventus di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB. (Reuters-Wolfgang Rattay

Solopos.com, AMSTERDAM — Hasil imbang 1-1 melawan Juventus di leg I perempatfinal Liga Champions memang merugikan Ajax Amsterdam. Juventus praktis hanya butuh hasil seri tanpa gol dalam leg II di Allianz Stadium, 17 April 2019 mendatang. Namun optimisme Frenkie de Jong dkk. untuk melangkah ke semifinal Liga Champions ternyata tak sedikit pun surut.

Performa mengilap mereka dalam leg I di Johan Cruyff Arena, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB, menjadi salah satu faktor pemacu untuk meraih hasil lebih baik di Turin. Meski hanya mampu menjaringkan satu gol, Ajax sejatinya merepotkan Juve sejak awal dengan peluang demi peluang.

Total Dusan Tadic dkk. mengemas 18 peluang dengan enam di antaranya tepat sasaran. Sebaliknya, Juventus yang berpredikat juara Seri-A tujuh musim beruntun dipaksa hanya melepaskan satu shot on target sepanjang pertandingan!

Opta mencatat ini kali pertama Nyonya Tua hanya melesakkan satu tembakan tepat sasaran di Liga Champions sejak menghadapi AS Monaco, April 2015. Beruntung, satu-satunya kesempatan itu mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh Cristiano Ronaldo di menit ke-45.

Lewat serangan balik cepat, Joao Cancelo melepaskan umpan lambung yang disambut Ronaldo dengan sundulan terukur. Itu menjadi gol sundulan ke-23 sang striker sejak menjalani debut di Liga Champions pada 2003. Jumlah ini terbanyak dari pemain lain.

Namun kegembiraan Juve hanya berlangsung sekejap setelah David Neres menjebol gawang Wojciech Szczesny saat babak kedua baru berlangsung satu menit. Pelatih Ajax, Erik Ten Hag, mengakui Juve diuntungkan dengan hasil 1-1 di Amsterdam. Apalagi Paulo Dybala dkk. musim ini sangat kuat di kandang dengan hanya menelan sekali kekalahan.

Namun sang pelatih meminta anak asuhnya tak minder. Dia mengingatkan bahwa Ajax bisa membuat comeback gemilang seperti saat menyingkirkan Madrid di babak 16 besar. Ajax yang kalah 1-2 di kandang sendiri pada leg I dengan mengejutkan lolos seusai menang 4-1 di Santiago Bernabeu.

Sejak kualifikasi Liga Champions, Ajax juga belum pernah kalah di kandang lawan. “Memang 1-1 bukan hasil yang diharapkan. Terakhir kami juga kalah 1-2 dari Madrid di kandang, tapi kami masih bisa tampil bagus kok,” ujar Ten Hag seperti dikutip Sky Sports

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten