SOLOPOS.COM - Ilustrasi taksi di luar negeri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sebelum kamu memutuskan beli mobil bekas taksi, sebaiknya cermati terlebih dahulu untung ruginya. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Membeli mobil bekas taksi menjadi pilihan bagi kebanyakan orang yang membutuhkan kendaraan roda empat dengan harga terjangkau. Namun ada sejumlah risiko yang perlu kamu pertimbangkan.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Ketika memutuskan untuk beli mobil bekas taksi, tentunya kita harus lebih cermat dan berhati-hati menentukan pilihan. Selain itu, sebaiknya juga melakukan perbandingan dengan mobil bekas.

Sebelum tahu kerugian membeli mobil bekas taksi, simak terlebih dahulu keuntungannya seperti dikutip dari lifepal.com pada Jumat (8/12/2023):

1. Harga relatif murah

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dengan harga yang ramah kantong, kamu sudah bisa membeli mobil bekas taksi. Umumnya harga jual mobil ini mencapai sepertiga dari harga barunya, bahkan setengah dari harga bekas selain bekas taksi.  Jika disebutkan angka, harga mobil murah bekas taksi mulai Rp60 jutaan dengan dua model umum di pasaran seperti Toyota Limo dan Nissan Almera. Tak heran bila mobil bekas taksi murah banyak diincar oleh masyarakat.

Akan tetapi, harga juga dipengaruhi oleh fitur dan teknologi di tunggangan tersebut sebelum sampai ke tangan konsumen.

2. Mobil biasanya digunakan kurun waktu lima tahun

Untung rugi membeli mobil bekas taksi adalah biasanya usia kendaraan telah digunakan selama lima tahun.  Alasan kenyamanan selalu diutamakan perusahaan taksi kepada konsumen, sehingga mereka rutin mengganti unit armada setiap lima tahun masa pemakaian.  Tidak hanya itu, terkadang perusahaan taksi mampu mengganti unit armadanya walau masih terbilang hampir dua tahun pemakaian.

3. Mesin masih mumpuni

Perusahaan taksi selalu memberikan perawatan rutin bagi setiap mobil operasional mereka. Apabila mobil taksi sudah terjadwal untuk melakukan servis, maka tidak dapat dioperasikan, sehingga tidak akan lebih kilometernya.

Setelah menjadi mobil eks taksi, perusahaan taksi pun turut memastikan fitur dan kualitas mobil siap pakai. Mulai dari spare part atau komponen mesin yang original, dan tampilan bodi mulus.

Setelah tahu sejumlah keuntungan beli mobil bekas taksi, ketahui pula kerugiannya sebagai berikut:

1. Memiliki kilometer jarak tempuh yang tinggi

Odometer pada mobil bekas taksi biasanya menunjukkan angka 100.000 km, itu berarti mobil telah terlalu sering digunakan dan dianggap memiliki resiko penurunan performa.  Beberapa kondisi tertentu, kilometer jarak tempuh tinggi bisa menyebabkan turun mesin.

Komponen mesin merasa aus akibat dari waktu pemakaian sehingga calon pembeli mungkin akan merasa kurang nyaman lagi saat mengendarai mobil eks taksi.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan angka odometer sebelum membeli mobil eks taksi. Jangan sampai potensi perbaikan mobil eks taksi lebih besar dibanding mobil baru. Jika terjadi, biaya restorasi akan melebihi budget.

2. Bersaing dengan mobil bekas yang bukan taksi

Kini mobil bekas banyak dijual dengan harga yang masih cukup terjangkau, tidak terlalu mahal. Calon pembeli bisa lebih puas memilih jenis atau tipe mobil bekas pemakaian pribadi karena tak terbatas daripada mobil bekas taksi yang pilihannya terbatas.

Varian mobil eks taksi biasanya berkisar pada merk tertentu seperti Honda Mobilio, Nissan Almera, Nissan Latio, Toyota Vios Limo, Toyota Transmover, Toyota Etios Liva, Toyota Soluna, Chevrolet Lova dan Chevrolet Trax.

3. Memiliki fitur standar

Berbeda dengan mobil bekas pemakaian pribadi yang memiliki berbagai fitur canggih, tergantung jenis mobilnya. Mobil ex taxi tidak sepenuhnya memiliki beragam fitur canggih, seperti tidak adanya power window.  Pengaturan audio di setir, head unit juga tidak dimiliki oleh mobil eks taksi. Terlebih lagi, kebanyakan sistem airbag tidak terpasang pada mobil eks taksi.

4. Biaya balik nama mobil

Selain melihat keuntungannya, lihat pula kerugiannya membeli mobil bekas taksi dimana kamu perlu keluar uang untuk balik nama. Untuk mengetahui mobil bekas taksi dengan memeriksa surat BPKB pada lembar pertama yang mengatasnamakan perusahaan.  Jika ingin menggantinya, maka kamu harus mengetahui dulu biaya balik nama mobil.

Biaya balik nama kendaraan khususnya roda empat di tiap wilayah berbeda-beda, tergantung bagaimana peraturan pemerintah daerah yang telah ditetapkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya