Salah satu harta karun yang disebut peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di lokasi karhutla Sumsel. (Istimewa/Detik)

Solopos.com, PALEMBANG Warga Cengal, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, dihebohkan dengan penemuan harta karun yang diklaim sebagai sisa Kerajaan Sriwijaya. Harta karun tersebut ditemukan di lokasi karhutla.

Salah seorang warga bernama Wahyudi mengaku mengeluarkan modal sekitar Rp300.000 demi menemukan harta karun di lokasi kebarakan hutan dan lahan (karhutla) di Ogan Ilir. Dia harus naik perahu untuk sampai ke lokasi tujuan yang berada di wilayah terluar Sumatra Selatan. Setidaknya butuh waktu empat jam dari pusat Kota Palembang sampai ke lokasi ditemukannya harta karun tersebut.

Wahyudi mengaku pernah mendapat serbuk emas yang laku dijual seharga Rp400.000 per gram. “Pernah dapat serbuk emas, kalau barang lain tidak pernah. Yang ke sini banyak sekali jadi mesti cepat, ada yang sendirian maupun berkelompok,” terang Wahyudi seperti dilansir Okezone.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Cengal, Abdul Maja menuturkan dirinya sempat mendatangi lokasi bersama warga sekitar. “Memang ada warga yang menemukan barang antik dan lempengan emas. Bahkan ada yang mendapat cincin bagi yang beruntung,” terang dia.

Penemuan harta karun di lokasi karhutla di Sumatra Selatan itu bukan kali pertama terjadi. Pada 2012 lalu warga sempat menemukan harta karun yang diyakini peninggalan Kerajaan Sriwijaya di lokasi tersebut. Benda-benda berharga lainnya juga ditemukan saat terjadi karhutla pada 2015.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten