SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGAWI — Setelah mengungsi berhari-hari, sebanyak 14 warga Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, akhirnya pulang ke kampung halaman mereka di Ngawi.

“Hingga kini sudah ada empat kepala keluarga atau sebanyak 14 orang yang sudah kembali ke Ngawi,” ujar Kasi Perlindungan dan Bencana Alam Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, Maryanto, kepada wartawan di Ngawi, akhir pekan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menjelaskan dari belasan warga tersebut merupakan warga Desa Jagir, Kecamatan Sine, Desa Bangunrejo Lor, Kecamatan Kedunggalar, serta wilayah Kecamatan Karanganyar.

Maryanto menjelaskan Dinsos Ngawi mendata dan mengidentifikasi warga Ngawi yang menjadi korban gempa dan tsunami di Sulteng. “Sehingga nanti jika ada progam bantuan dari pemerintah bisa langsung disalurkan dalam rangka peningkatan kesejahteraan,” kata dia.

Pendataan juga berfungsi untuk mengetahui jumlah warga Ngawi yang menjadi korban bencana di Sulteng Palu, karena ada kemungkinan dari jumlah yang terdata saat ini masih bisa bertambah.

Berdasarkan keterangan para korban, mereka berhasil pulang kampung melalui berbagai cara, di antaranya dengan menumpang pesawat Hercules milik Skuardon 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang dan kapal Pelni.

Meski demikian, ada juga yang berhasil pulang ke Ngawi dengan cara mandiri, di antaranya dengan menggunakan pesawat komersial yang memiliki tujuan ke Pulau Jawa, seperti yang dilakukan oleh Sunarto, 53, bersama keluarganya.

“Saya memilih pulang saja dan bersyukur bisa tiba di Ngawi. Kemarin ada jadwal penerbangan Lion Air ke Jawa, dengan mengumpulkan uang yang tersisa langsung ikut saja,” ungkap Sunarto.

Ia menceritaka, rumahnya yang berada di wilayah Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, telah hancur diterjang tsunami. Sebelum pulang ke Ngawi, ia dan keluarganya bertahan di posko pengungsian.

Sunarto merasa bersyukur bisa selamat dari bencana. Meski demikian, trauma akibat bencana besar tersebut masih menyelimuti keluarganya sehingga memilih pergi ke tempat yang aman dengan pulang kampung di Ngawi.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya