SOLOPOS.COM - Perawat RSUD Bung Karno Solo dijemput menggunakan ambulans karena yang diusir dari indekosnya di Grogol, Sukoharjo, Jumat (24/4/2020). (Instagram @rsudbungkarno)

Solopos.com, SOLO -- Tiga perawat RSUD Bung Karno Solo yang diusir oleh pemilik indekos di Grogol, Sukoharjo mengaku sakit hati dan kecewa. Padahal selama bertugas di RSUD Bung Karno Solo, mereka telah menerapkan protokol penanganan pasien Covid-19 dengan disiplin, termasuk mengenakan alat pelindung diri (APD).

Menurut pengakuannya, mereka diminta pergi secara tiba-tiba oleh pemilik indekos saat hendak istirahat. "Ya agak kecewa dan sakit hati. Kan mendadak, agak syok juga. Kami [di RSUD Bung Karno] lengkap [mengenakan] APD dan ada prosedur dan sesuai. Kami ada prosedur untuk mandi juga, jadi aman," jelas salah satu perawat, Siska sebagaimana diinformasikan Detik.com, Selasa (28/4/2020) pagi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Halau Pemudik, Polres Wonogiri Dirikan Lima Pos Pengamanan

Siska beranggapan pemilik indekos khawatir dengan keberadaan dia dan teman-temannya di rumah yang terletak di Grogol, Sukoharjo itu.

Ekspedisi Mudik 2024

"Kami bertiga posisi [menjelang] tidur, di-WA ibu kos. Intinya diminta pergi karena rumah sakit kami kan untuk rujukan Covid-19. Mungkin ibu kos khawatir," tambahnya.

Klaten Belum Masuk Kategori Zona Merah Covid-19

Kini, tiga perawat yang diusir dari indekosnya itu tinggal di RSUD Bung Karno Solo setelah dijemput oleh manajemen rumah sakit dengan menggunakan ambulans.

15 Kasus Positif Corona di Karanganyar, Bupati: Belum Zona Merah!

Bantah Mengusir

Sementara itu, pemilik indekos, Siti Mutmainah menepis kabar yang menyebutkan tiga perawat RSUD Bung Karno Solo diusir olehnya.

Siti mengaku tak ada permasalahan dengan ketiga perawat yang menyewa kamar indekosnya. Dia justru memahami profesi perawat menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Kim Jong-Un Malah Kirim Surat ke Afsel

"Saya bekerja sebagai bidan di Puskesmas Grogol. Sebagai sesama petugas medis, saya paham beban dan tugas berat para perawat. Ketiga perawat RSUD Bung Karno belum lama tinggal di rumah indekos. Paling lama Intan yang sudah menempati kamar indekos selama delapan bulan," katanya saat ditemui wartawan di Kantor Camat Grogol, Selasa (28/4/2020).

Pemilik indekos itu mengaku tak mengusir ketiga perawat RSUD Bung Karno. Ia hanya meminta ketiga perawat tersebut pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan rumah sakit tempat mereka bekerja.

Vaksin Virus Corona AS Diproduksi Massal Bareng Perusahaan India

Menurut Siti, RSUD Bung Karno menyiapkan asrama untuk para petugas medis baik perawat maupun dokter. Padahal, jarak RSUD Bung Karno dengan rumah indekos miliknya cukup jauh. Sementara tenaga dan pikiran mereka terkuras habis saat merawat pasien yang berobat ke RSUD Bung Karno, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya